Sabtu, 13 Agustus 22

Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia untuk Rohingya

Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia untuk Rohingya
* Kekejaman Myanmar Terhadap Muslim Rohingya.

Jakarta, Obsessionnews.com – Krisis kemanusiaan kembali terjadi menimpa Suku Rohingya, Myanmar. Ratusan orang tidak berdosa dibantai oleh rezim Pemerintah Myanmar. Aksi kekejaman Myanmar terhadap Muslim Rohingya mendapatkan protes dan kecaman dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laolly mengatakan, Pemerintah Indonesia bukan hanya mengecam atau mengutuk Pemerintah Myanmar. Tapi lebih dari itu, Indonesia telah memberikan perhatian besar kepada masalah warga etnis Rohingya.

Pemerintah Indonesia kata dia, sudah mengupayakan yang terbaik bagi penyelesaian masalah kemanusiaan itu. Bahkan Presiden Joko Widodo memerintahkan langsung Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk bertindak berdasarkan hukum internasional agar membantu menghentikan kekerasan di sana.

“Yang jelas Pak Presiden sudah memerintahkan Menlu (Menteri Luar Negeri). Kita jauh sebelum ini juga sudah memberikan perhatian, bahkan membangun sekolah ada bantuan dan lain-lain,” kata Yasonna, Senin (4/9/2017).

Yasonna kembali menegaskan, kecaman dan aksi protes memang perlu dilakukan untuk memperkecil konflik yang terjadi di sana. Namun kata dia, kini yang dibutuhkan warga Rohingnya lebih dari sekedar bicara namun bukti nyata pergerakan bantuan.

“Bukan sekadar kecaman tapi action (aksi) karena persoalannya sangat menyedihkan sekali, dan jangan menyebarkan hoaks; ada beberapa data yang disampaikan di situ bukan data sebenarnya, jangan memperkeruh suasana,” pintanya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.