Selasa, 21 September 21

Ini yang Jadi Alasan Jokowi Tolak Dana Aspirasi

Ini yang Jadi Alasan Jokowi Tolak Dana Aspirasi
* Menteri Sekretaris Negara Pratikno

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak usulan program pembangunan daerah pemilihan (UP2DP) atau dana aspirasi oleh kalangan DPR. Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, efisiensi menjadi alasan presiden menolak usulan tersebut.

“Dana aspirasi di situasi ekonomi global ini kan sedang bergolak, Indonesia terkena dampaknya, masyarakat sedang ya mulai kesusahan, pertumbuhan ekonomi kita juga tidak seperti yang kita harapkan semula,” ujar Pratikno di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Pratikno mengatakan presiden sangat berhati-hati dalam mengambil kebijakan pengeluaran anggaran negara. Di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional dan global, Presiden berharap semua pihak harusnya lebih prihatin dengan kondisi rakyat.

“Presiden mengharapkan semua pihak ikut prihatin terhadap kondisi rakyat. Jadi sangat berhati-hati dalam memanfaatkan anggaran,” tutur mantan Rektor UGM itu.

Di samping itu, kata Pratikno, pemerintah tidak dapat begitu saja memasukkan dana aspirasi sebagai salah satu pengeluaran belanja negara, karena semuanya harus melalui tahapan perencanaan yang matang.

“Dana aspirasi apalagi diartikan sebagai sebuah item belanja yang baru dan kemudian di luar program yang seperti direncanakan ya itu jelas tidak bisa, begitu. Jadi itu arahan presiden,” katanya.

Andrinof Chaniago, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, sebelumnya juga mengatakan saat ini perencanaan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah diambil dari visi dan misi Presiden Jokowi.

Penggunaan dana aspirasi, justru akan membuat rencana pembangunan bertabrakan dengan visi misi Presiden, karena tidak masuk dalam rencana pembangunan nasional.

“Kalau bicara undang-undang program pembangunan yang direncanakan itu yang di UU, diambil dari visi dan misi Presiden, ya. Nah itu kalau pakai konsep dana aspirasi itu bisa bertabrakan dengan visi dan misi Presiden,” jelas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.