Minggu, 29 Januari 23

Ini Usulan KAHMI Jaya Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta

Ini Usulan KAHMI Jaya Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta
* Kemacetan di Jakarta semakin parah. (Foto: Edwin B/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kondisi transportasi DKI Jakarta 2017 menunjukkan kemacetan lalu lintas sangat parah! Di samping karena masih rendahnya tingkat kedisplinan masyarakat berlalu lintas, disebabkan sejumlah kegiatan konstruksi infrastruktur dalam waktu bersamaan dan tanpa dilengkapi dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) lalu lintas (lalin).

Hal itu merupakan “Refleksi Akhir Tahun 2017” Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam DKI Jakarta Raya (KAHMI Jaya) melalui keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com, Jumat (29/12/2017).

KAHMI Jaya mengutip pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terdapat 10 proyek pembangunan infrastruktur yang menimbulkan kemacetan luar biasa di Jakarta karena tidak memiliki kajian amdal lalin. Tidak ada pengaturan manajemen trafik di sekitar lokasi kegiatan konstruksi tersebut. Bahkan, kerusakan jalan eksisting di samping tapak proyek dibiarkan berlangsung sehingga menganggu kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.

Untuk tahun 2018, harapan dan usulan solutif KAHMI Jaya terhadap Pemprov DKI Jakarta, yakni mengharuskan pemrakarsa proyek infrastruktur tersebut menyediakan hasil kajian amdal lalin sekalian mengimplementasikan secara konsisten dan konsekuen. Di dalamnya harus ada kegiatan sumber daya manusia (SDM) yang mengatur manajemen trafik sekitar lokasi.

“Masyarakat didorong untuk berperan serta dalam pengawasan implementasi amdal lalin tersebut,” tulis KAHMI Jaya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.