Jumat, 19 April 24

Ini Tokoh-tokoh yang Menikahi Nyi Roro Kidul

Ini Tokoh-tokoh yang Menikahi Nyi Roro Kidul
* Lukisan Nyi Roro Kidul.

Jakarta, Obsessionnews – Mitos Nyi Roro Kidul, makhluk halus yang berwajah ayu, selalu menjadi topik yang menarik diperbincangkan. Penguasa pantai laut selatan di Jawa ini konon hidup sepanjang masa. Ia dikabarkan sakti, dan menularkan kesaktiannya kepada orang-orang yang disukainya.

Daya tarik Nyi Roro Kidul terlihat ketika diangkat ke dalam beberapa film nasional yang laris manis.

Sebagian masyarakat mempercayai Nyi Roro Kidul itu ada dalam kehidupan nyata, meskipun mereka tidak pernah melihatnya. Buktinya, ada sebuah hotel di pantai Pangandaran, Banten, yang menyediakan sebuah kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul. Kamar itu tidak boleh disewakan untuk tamu.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Yang lebih menarik lagi Nyi Roro Kidul dikabarkan memiliki banyak suami. Beberapa suaminya itu disebut-sebut merupakan tokoh-tokoh terkenal.

Muhammad Rizieq Syihab atau Habib Rizieq.
Muhammad Rizieq Syihab atau Habib Rizieq.

Kali ini mitos Nyi Roro Kidul kembali menjadi buah bibir masyarakat. Nama Nyi Roro Kidul kembali populer lewat tulisan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab atau Habib Rizieq di akun facebooknya, Selasa, 24 November 2015. Habib Rizieq menuding Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi, yang beragama Islam tapi tidak bangga dengan Islamnya. Sebaliknya Dedi bangga dengan patung, sesajen dan takhayul. Habib Rizieq mengungkapkan salah satu bukti Dedi menyimpang dari ajaran Islam adalah Dedi menikahi Nyi Roro Kidul.

“Dia pun mengaku telah melamar Nyi Loro Kidul dan mengawininya. Selanjutnya, ia membuat Kereta Kencana yang konon katanya untuk dikendarai sang isteri, Nyi Loro Kidul. Kereta Kencana tersebut dipajang di Pendopo Kabupaten Purwakarta, dan diberi kemenyan serta sesajen setiap hari, lalu dibawa keliling Purwakarta setahun sekali saat acara Festival Budaya, dengan dalih untuk membawa keliling Nyi Loro Kidul buat keberkahan dan keselamatan Purwakarta,” kata Habib Rizieq.

Tentu saja tuduhan Habib Rizieq tentang Bupati Purwakarta menikahi Nyi Roro Kidul itu menggegerkan masyarakat.

Dedi Mulyadi.
Dedi Mulyadi.

Sementara itu Dedi menanggapi santai tuduhan yang dilontarkan Habib Rizieq. “Coba saya minta sama Habib Rizieq tunjukkan bukti surat nikah saya dengan Nyi Roro Kidul dan dilakukan di Kantor Urusan Agama mana?” kata Dedi seraya tertawa saat ditemui di Bale Citra Resmi, Purwakarta, Kamis (26/11/).

Habib Rizieq tidak asal menuduh.Tuduhannya itu berdasarkan fakta yang berdasarkan dari pernyataan Dedi di Purwakarta, Senin (27/7) lalu. Ketika itu Dedi menyatakan pemimpin yang mencintai alamnya mau tidak mau harus menikah dengan Nyi Roro Kidul.

Namun, sayangnya, Habib Rizieq tidak mengutip utuh pernyataan Dedi. Ketika itu Dedi menjelaskan Nyi Roro kidul itu gambaran keindahan laut pantai selatan. “Jika kita menikah dengan Nyi Roro kidul, berarti kita menikah dengan laut, artinya kita harus mencintai laut dengan cara merawatnya,” ujar Dedi.

Sultan Agung

Sultan Agung.
Sultan Agung.

Jauh sebelumnya di kalangan masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah (Jateng) berkembang luas cerita Raja Mataram Sultan Agung sering mengadakan petemuan dengan Nyi Roro Kidul di pantai Parang Tritis dan Parang Kusumo di Yogyakarta. Ketika itu pemerintahan Sultan Agung membawahi wilayah Yogyakarta dan Jateng.

Beberapa versi menyebutkan Sultan Agung mengangkat Nyi Roro Kidul sebagai selirnya. Hal ini memperkuat pemerintahannya dengan menggabungkan Kerajaan Mataram di dunia nyata dan kerajaan kasat mata di laut selatan. Sejumlah paranormal mengatakan laut selatan merupakan kerajaan jin yang besar dan dipimpin oleh Nyi Roro Kidul.

Sultan Hamengku Buwono IX
Setelah Sultan Agung wafat, konon para penggantinya melanjutkan hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Salah seorang keturunan Sultan Agung yang juga dikabarkan memiliki hubungan istimewa dengan Nyi Roro Kidul adalah Sultan Hamengku Buwono (HB) IX. Sultan HB IX pernah menjadi Wakil Presiden di masa pemerintahan Orde Baru periode 1971-1978.

Sultan Hamengku Buwono IX.
Sultan Hamengku Buwono IX.

Seorang mantan abdi dalem di Keraton Yogyakarta bercerita kepada Obsessionnews.com, ia mendapat tugas khusus merawat sebuah kamar di keraton itu. Kamar itu khusus tempat pertemuan Sultan HB IX dengan Nyi Roro Kidul. Pertemuan itu dilakukan secara rutin tiap malam Jumat.
“Semua abdi dalem tahu Sultan memiliki hubungan istimewa dengan Nyi Roro Kidul. Saya puluhan tahun mendapat tugas merawat kamar itu,” kata wanita yang enggan disebut namanya itu baru-baru ini.

Setelah Sultan HB IX meninggal dunia, apakah Raja Yogyakarta yang sekarang, Sultan HB X, melanjutkan tradisi menjalin hubungan spesial dengan Nyi Roro Kidul? (arh, dari berbagai sumber)

Related posts

2 Comments

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.