Senin, 4 Juli 22

Breaking News
  • No items

Ini Saran Mesut Ozil untuk Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Ini Saran Mesut Ozil untuk Kemajuan Sepak Bola Indonesia
* Mesut Ozil. (Getty/Goal)

Megabintang sepak bola mantan Arsenal dan Real Madrid memberikan dua saran untuk kemajuan sepakbola di Indonesia. Yakni, Pemerintah dan PSSI harus berani melakukan investasi besar di infrastuktur dan akademi pemain muda.

Kedua hal tersebut yang disarankan oleh jawara sepak bola asal Jerman itu agar sepakbola Tanah Air makin maju.

Ozil meyakini bila sarang tersebut dilakukan maka sepakbola Indonesia bisa makin berkembang.

Ozil datang ke Indonesia karena ada urusan bisnis. Selama berada di Tanah Air, ia melakukan serangkaian kegiatan seperti mengunjungi kantor Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), hingga menyambangi pabrik pembuatan sepatu di Cikupa, Tangerang.

“Sepakbola makin berkembang di Indonesia. Namun, infrastrukturnya masih kurang. Indonesia harus berani berinvestasi di bidang infrastruktur dan akademi pemain muda,” kata Ozil.

“Jadi, jika ingin sepakbolanya sukses, Indonesia harus menghabiskan uang lebih banyak pada dua hal tersebut. Sehingga nanti bisa mendukung sepakbola Indonesia ke depannya,” Ozil menambahkan.

Persoalan infrastuktur bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Sejumlah pelatih baik lokal maupun asing sudah mengeluhkan permasalahan tersebut.

Terkait akademi, sejumlah klub mulai fokus membangunnya. Sebagai contoh, Persija Jakarta meminta Thomas Doll tidak cuma fokus terhadap performa tim di Liga 1, melainkan menjalankan proses regenarasi dari akademi internal.

Di sisi lain, Ozil mengaku gembira dengan sambutan yang diterima di Indonesia. Ia juga senang rasa masakan Tanah Air yang kaya bumbu seperti rendang dan gado-gado.

“Jika saya menjadi duta pariwisata, bukan hanya desitansi wisata saja yang akan saya promosikan. Saya akan berusaha mempromosikan budaya dan adat,” kata dia.

“Selain itu, saya akan berusaha mengajak orang Turki untuk mengunjungi Indonesia. Kemudian juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Turki,” tambahnya. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.