Sabtu, 28 November 20

Ini Ritual Kecantikan Zaman Nenek Moyang Tiongkok

Ini Ritual Kecantikan Zaman Nenek Moyang Tiongkok
* Gadis Tiongkok merawat kecantikan sejak zaman nenek moyang. (foto: fimela.com)

Jakarta, Obsessionnews.comKesadaran merawat kecantikan sudah ada sejak zaman kuno. Perempuan dulu melakukan perawatan dengan cara yang sederhana menggunakan bahan alami. Uniknya, setiap negara memiliki ramuan dan ritual kecantikan yang berbeda.

Warisan ritual kecantikan dari Asia misalnya, ritual kecantikan ini memang sudah sangat terkenal. Selain Korea Selatan dan Jepang, Tiongkok juga memiliki rahasia turun-temurun yang diikuti para gadisnya untuk merawat kecantikan tubuh.

Yuk kita simak, apa saja sih tradisi para gadis Tiongkok merawat kecantikan sejak zaman nenek moyang yang masih bertahan hingga kini, yakni Akupresur dan Akupuntur, Jade Roller, Kacang Hijau, Teh Hijau, Air Beras, dan He shou wu.

Akupresur dan Akupuntur

Akupresur berasal dari kata accus dan pressure, yang berarti jarum dan menekan. Akupresur merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan rangsangan (stimulasi) titik akupunktur dengan teknik penekanan atau teknik mekanik. Penekanan dilakukan sebagai pengganti penusukan jarum yang dilakukan pada akupunktur dengan tujuan untuk melancarkan aliran energi vital (qi) pada seluruh tubuh.

Sedangkan Akupuntur dalam bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, “jarum” (k benda), dan pungere, “tusuk” (k kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zhēn jiǔ (針灸 arti harfiah: jarum – moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam “titik akupunktur” tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit.

Kedua metode ini merupakan cabang dari pengobatan tradisional China yang dipakai untuk merangsang akupoin, serta mengembalikan aliran energi di tubuh. Akupresur dan akupuntur yang dilakukan rutin juga dipercaya bisa mendetoks kulit, mengaktifkan produksi alami kolagen, dan mengurangi gejala eksim serta psoriasis.

Jade roller

Alat ini untuk memijat wajah yang sedang tren di kalangan beauty junkie ini sejatinya berasal dari Tiongkok. Alat serupa lain seperti Gua Sha pada dasarnya dipakai untuk memmijat dan akupresur di rumah.

Alat terkini dalam dunia kecantikan ini merupakan sebuah benda kecil dengan pegangan dengan batu-batuan permata dan dua alat gulung (roller) di ujung dua sisinya.

Aspek yang terpenting dari kecantikan wanita China adalah bentuk wajah, bukan seberapa halus make upnya. Bentuk wajah yang ideal, yaitu berbentuk telur atau dagu “V” adalah yang tercantik. Alat-alat pemijat dan pembentuk wajah seperti Jade roller itu diketahui bermanfaat untuk mengurangi bengkak pada wajah setelah bangun tidur.

Kacang Hijau

Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Kacang hijau yang kaya antioksidan ini bukan hanya makanan bergizi, tapi juga untuk kecantikan. Cukup banyak produk kecantikan seperti masker atau terapi wajah yang menggunakan bahan ini.

Teh Hijau

Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam

Orang China memang sangat sering mengonsumsi teh herbal. Teh hijau salah satunya yang terkenal dengan kandungan antioksidan dan antiperadangan. Ada berbagai tipe teh untuk masalah kulit yang berbeda. Tapi yang paling populer tetap teh hijau.

Air Beras

Air beras atau Air tajin merupakan cairan putih ketika kita memasak beras. Karena mengandung partikel beras, air tajin mengandung karbohidrat.

Pakar beras yang juga merupakan peneliti pengolahan hasil pertanian, profesor Djoko Said Damardjati mengatakan, pada dasarnya air bekas rebusan beras memiliki banyak zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan yang ada dalam air tajin diantaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, serta Vitamin B dan Vitamin E. Selain itu ada mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Wanita di China dan juga Korea sering membersihkan wajah mereka dengan air beras. Resep tradisional ini sudah diturunkan lintas generasi.

Selain mampu mencerahkan wajah, air beras juga memiliki manfaat antiperadangan, memperbaiki tekstur kulit, dan meningkatkan kekenyalan kulit.

He shou wu

He Shou Wu adalah akar umbi siap Polygonum multiflorum, tanaman yang tumbuh di pegunungan Cina tengah dan selatan. Ini berbagi posisi sebagai tonik esensi utama (Jing) jamu Cina dengan Goji berry.

Jamu ini digunakan dalam pengobatan tradisional China sejak 800 SM, He shou wu adalah campuran herbal yang dipakai untuk meremajakan kulit serta membuat rambut lebih tebal. (Poy/@poynomo76)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.