Minggu, 28 November 21

Ini Respon Istana Soal Desakan Tax Amnesty Ditunda

Ini Respon Istana Soal Desakan Tax Amnesty Ditunda
* Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan program pengampunan pajak atau tax amnesty akan terus berjalan, meskipun ada desakan sejumlah pihak yang meminta supaya program itu ditunda karena dinilai tidak tepat sasaran.

“Yang pertama program tax amnesty ini tetap harus berjalan karena secara langsung Presiden turun tangan terhadap hal tersebut,” kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

“Memang ada pertanyaan yang seharusnya segera dijawab di kalangan Dirjen Pajak maupun di kalangan Kementerian Keuangan yang berkaitan dengan apa yang beredar di viral,” tambah Pramono.

Pramono menegaskan bahwa pada prinsipnya tax amnesty ini adalah bagaimana dana repatriasi dan deklarasi bagi wajib-wajib pajak yang selama ini tidak membayar pajak, bukan yang sudah tertib membayar pajak lalu kemudian dikejar-kejar.

“Atau juga yang katakanlah ininya kecil tapi karena kealpaan, kelupaan, mereka sekarang mumpung ada kesempatan, mereka mendeklarasikan itu. Itu ikut tax amnesty, itu yang dikejar-kejar,” tegas Pramono.

Padahal, menurut dia, tujuan dari tax amnesty adalah bagaimana dana-dana di luar negeri dalam bentuk aset, atau dalam bentuk uang itu bisa segera kembali dan digunakan untuk membangun negeri ini.

Sehingga pemerintah menyiapkan perangkat dan angkah berikutnya agar perpajakan nasional semakin baik dan sehat. Misal PPH badan, antisipasi double tax sesion untuk deviden dan sebagainya.

“Kalau itu bisa dilakukan kami meyakini bahwa ekonomi kita akan sehat, perpajakan kita akan sehat, tax basenya makin lebar maka supaya ini tidak berkepanjangan tentunya pemerintah dalam hal ini Presiden akan segera meminta Kemenkeu dan Dirjen Pajak untuk menjelaskan keresahan ini jangan sampai kemana-mana,” pungkas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.