Sabtu, 25 September 21

Ini Reaksi KPK Setelah Diisukan Dua Saksi Ahli BG Masuk Pansel

Ini Reaksi KPK Setelah Diisukan Dua Saksi Ahli BG Masuk Pansel

Jakarta, Obsessionnews – Menjelang pengumuman struktur Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK oleh Presiden Jokowi, sejumlah nama sudah beredar luas di kalangan wartawan tentang siapa-siapa yang akan duduk di Pansel. Dua diantara nama-nama tersebut adalah Prof Romli Atmasasmita dan ahli hukum Margarito Kamis.

Bagaimana tanggapan KPK tentang keberadaan Prof Romli Atmasasmita dan ahli hukum Margarito Kamis dalam komposisi tersebut? Sebab, kedua nama itu sebelumnya pernah menjadi saksi ahli di sidang praperadilan Wakil Kepala Polri Komjen Budi Gunawan (BG).

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi Media KPK Priharsa Nugraha mengatakan pihaknya belum mengetahui secara resmi struktur pansel yang sebenarnya karena belum diumumkan secara resmi. Namun demikian, KPK menilai baik Prof Romli maupun Margarito memiliki latar belakang bidang hukum yang mumpuni.

“Terhadap nama-nama yang tadi disebutkan dalam kapasitas sebagai apa itu kan keduanya juga memiliki background pendidikan dan keahlian di bidang hukum,” ujar Priharsa saat dihubungi, Senin (18/5/2015).

KPK menyerahkan sepenuhnya kewenangan penyusunan Pansel kepada pemerintah. KPK hanya  berharap bahwa komposisi Pansel tersebut adalah komposisi yang ideal, di dalamnya ada unsur pemerintah, masyarakat, juga dari akademisi, aktifis-aktifis anti korupsi maupun birokrat.

“Kalau syarat-syarat untuk menjadi Pansel itu kan nanti yang menetapkan dari pemerintah yang pasti harapannya itu tadi komposisinya itu ideal gabungan dari berbagai unsur dan murni tujuannya untuk mencari calon pimpinan KPK yang terbaik,” lanjut dia.

Selain Prof Romli Atmasasmita dan Margarito Kamis, ada juga nama lain seperti Prof Jimly Asshiddiqie, Prof Mahfud MD, Tumpak Hatorangan, Oegroseno, Saldi Isra, Refly Harun, Zainal Arifin Mochtar masuk terlibat di Pansel KPK. Menurut informasi yang diperoleh nama-nama itu tengah digodok di Sekretariat Negara. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.