Minggu, 20 September 20

Ini Ramuan Obat Kuno Turunkan Berat Badan

Ini Ramuan Obat Kuno Turunkan Berat Badan
* Gambaran berat badan. (foto: energihaq.com)

Jakarta, Obsessionnews.comMereka yang bertubuh terlalu gemuk pastilah akan merasa sedih, terutama bagi para gadis atau wanita karir. Gemuk memang kadang sulit dihindari penyebabnya, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan dan sering menerima undangan makan atau harus sering menjamu tamu untuk makan bersama.

Bahaya kegemukan salah satunya adalah meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Memiliki lemak berlebih dalam tubuh, khususnya di daerah pinggang, akan menambah risiko gangguan kesehatan yang serius dan dikaitkan dengan risiko berkembangnya beberapa jenis penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Untuk itu jangan sepelekan bahaya yang mengintai dari kegemukan. Berat badan yang ideal sangat baik bagi penunjang kesehatan. Karenanya, penting bagi kita untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu gemuk, khususnya bagi mereka yang dalam keluarganya memiliki riwayat penyakit  tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, dan kadar kolesterol tinggi.

Badan terlalu gemuk banyak gangguan, baik secara fisik maupun psikis yang dapat muncul sebagai akibat dari kegemukan, di antaranya:

Penyakit kronis

Munculnya penyakit kronis merupakan bahaya kegemukan yang sangat perlu diwaspadai. Penyakit-penyakit yang paling sering dikaitkan dengan bahaya kegemukan, antara lain penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, penyakit hati dan kandung empedu. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi kinerja hormon insulin penyebab diabetes, yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Lemak berlebih mengganggu jantung karena menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan penyumbatan arteri. Pada wanita, bahaya kegemukan dapat mengakibatkan datang bulan yang tidak teratur dan infertilitas.

Menyebabkan gangguan tidur

Orang yang terlalu gemuk lebih berisiko mengalami gangguan tidur. Salah satunya adalah sleep apnea, yaitu kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur. Ini merupakan salah satu gangguan tidur yang serius. Kondisi ini membuat kadar oksigen turun drastis, sehingga memengaruhi jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

Menyebabkan gangguan pada lutut dan pinggang

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Di samping itu Anda juga berisiko mengalami nyeri pada sendi lutut dan punggung akibat tubuh menopang beban yang berlebih.

Meningkatkan risiko terkena kanker

Pada pria, kegemukan juga dapat mengakibatkan meningkatnya risiko terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker esofagus, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker tiroid, dan kanker kolon. Sementara pada wanita, kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal, kanker kandung empedu, kanker esofagus, dan kanker rahim.

Diskriminasi dan tidak percaya diri

Remaja yang memiliki tubuh gemuk cenderung memiliki masalah psikologis dan sosial. Mereka dapat tumbuh menjadi remaja yang tidak percaya diri dan mengalami diskriminasi atau perundungan (bullying) dari teman-teman sekitarnya.

Ada banyak cara untuk menjaga agar tubuh tidak terlalu gemuk, yakni dengan meminum ramuan-ramuan jamu kuno dan berolahraga. Seperti yang dikutip oleh Obsessionnews.com dari buku Pijat Urut dan Obat Kuno.

Bahan-bahan ramuan jamu kuno

  • Sebuah pace yang matang.
  • Tiga potong Iempuyang.
  • Bangle sebanyak 3 potong.
  • Daun kemuning satu tangkai.
  • Satu jeruk nipis.
  • Sebuah asam tua.
  • Air putih secukupnya

Caranya:

Semua bahan-bahan itu direbus dengan air secukupnya, lalu disaring dan kemudian air rebusan itu diminum.

Selain dengan ramuan jamu kuno, untuk menjaga kestabilan tubuh atau agar tetap langsing gunakan cara di bawah ini.

Olah raga ringan, ini harus dilakukan agar lemak yang ada di dalam tubuh terbakar, lakukan olah raga walau hanya jalan kaki atau Iari-lari kecil, atau hanya senam atau hanya menggerak-gerakkan tubuh atau tangan saja.

Dalam satu minggu, sediakan waktu sehari untuk diet yaitu makan buah-buahan matang seperti apel. Jadi dalam seharian itu anda tidak makan yang lainnya hanya makan buah saja. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan program melangsingkan berat badan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.