Jumat, 19 April 24

Ini Rahasia Mengapa Ronaldo Pakai Kaos No. 7

Ini Rahasia Mengapa Ronaldo Pakai Kaos No. 7
* Ronaldo pakai kostum No. 7. (Getty/Goal)

Cristiano Ronaldo telah identik dengan jersey nomor 7 yang ikonik, pertama kali memakai nomor tersebut ketika di Manchester United dan melanjutkannya semasa di Real Madrid dan Juventus.

Jersey No.7 sudah lama melekat dan menjadi ikon sang superstar Portugal, Goal mengulas asal usul pemilihan nomor tersebut.

Dan, sekarang ia akan kembali ke Manchester United dalam saga transfer yang sensasional, dan bisa mengenakan nomor itu lagi.

Superstar Portugal – juga dikenal sebagai CR7 – telah mengubah nama dan nomornya menjadi merek internasional, dan sulit untuk mengingat bahwa ia pernah memakai nomor lain.

Tapi mengapa Ronaldo memakai No.7, dan sudah berapa lama ia memakainya? Goal mengulasnya.

Mengapa Ronaldo memakai No.7 & apakah ia selalu memakainya?
Ronaldo telah lama identik dengan nomor 7, yang juga menjadi awal dari terciptanya merek global ‘CR7’.

Meski pun penyerang Portugal itu kini selalu diasosiasikan dengan nomor tersebut, namun itu bukanlah nomor favoritnya sebelum bermain untuk Manchester United.

Ia mengenakan No.28 saat di Sporting CP dan baru ketika ia menandatangani kontrak dengan Setan Merah pada 2004, manajer klub kala itu, Sir Alex Ferguson meyakinkannya untuk memilih nomor ikonik di United karena keyakinannya bahwa Ronaldo akan mampu memenuhi ekspektasi dengan menyamai level para pemain tersohor yang pernah memakai nomor tersebut, era baru pun dimulai.

Awalnya Ronaldo meminta nomor favoritnya 28, tapi Ferguson membujuknya agar mau memakai nomor tujuh, yang sebelumnya pernah dikenakan oleh nama-nama hebat seperti David Beckham, George Best dan Eric Cantona.

Cristiano Ronaldo Real Madrid
Benar saja, Ronaldo menjadi sorotan di Liga Primer Inggris, sering menjadi momok pertahanan lawan, dan di sana ia memenangkan penghargaan Ballon d’Or pertamanya 2008 setelah mencetak 42 gol dalam semusim.

Namun, ketika pindah ke Real Madrid pada 2009, ia mengenakan No.9 sampai akhirnya No.7 ditinggalkan oleh legenda klub, Raul Gonzalez yang hengkang ke Schalke pada 2010.

Ia kemudian menjadi penerus sekaligus pengganti Raul dalam segala hal selama sembilan tahun bersama Madrid, melewati ikon Los Blancos itu sebagai pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa.

Mengapa Cuadrado memberi Ronaldo jersey No.7 di Juventus?
Kostum No.7 Ronaldo telah menjadi ikon sejak dirinya bermain di Old Trafford, dan sang striker bahkan mengambil nomor tersebut dari Juan Cuadrado ketika pindah ke Juventus pada awal musim panas 2018. Sekarang Cuadrado memakai No.16.

Pemain internasional Kolombia itu sebelumnya pemilik No.7 di Juventus sejak tiba dengan status pinjaman kedua kalinya dari Chelsea sebelum 2016/17, namun harus memberikannya kepada Ronaldo.

Cuadrado tidak keberatan dengan perubahan nomornya, menulis di Instagram: “Lebih baik memberi daripada menerima! Berkat untuk Cristiano dalam petualangan baru ini.”

Ia kemudian mengadakan pemungutan suara di Twitter untuk memutuskan nomor baru yang cocok dipakainya dan hasilnya adalah No.16.

Siapa pemakai No.7 Juventus sebelum Ronaldo?
Para pemain internasional Italia mengenakan kaus No.7 di Juve sebelum diambil oleh Cuadrado selama dua musim, dan Simone Pepe adalah pemain terakhir yang memakainya selama empat tahun.

Hasan Salihamidzic dan Gianluca Pessoto juga mengenakan No.7 di Bianconeri, serta Angelo Di Livio dari 1993 hingga 1999.

Manajer Prancis pemenang Piala Dunia Didier Deschamps mengenakan nomor itu sebelum Di Livio.

Sebelum Deschamps, mantan bos Chelsea Antonio Conte dan Giancarlo Marocchi yang mengenakan kaus No.7.

Bintang lain yang pernah memakai No.7 saat bermain untuk Bianconeri adalah Andreas Moller, Marco Tardelli dan Paolo Di Canio.

Apakah Ronaldo memakai No.7 di skuad Portugal?
Cristiano Ronaldo Portugal
Artikel dilanjutkan di bawah ini
Ronaldo juga memakai nomor punggung 7 saat bertugas bersama tim nasional Portugal. Tapi nomor pertamanya adalah 17 saat masih bermain bersama legenda tim, Luis Figo di Euro 2004.

Setelah Figo pensiun, Ronaldo kemudian mengambil alih nomor keramat Portugal tersebut.

Selain aspek sepakbola, angak 7 juga dikaitkan dengan keberuntungan di berbagai budaya di seluruh dunia. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.