Selasa, 6 Desember 22

Ini Pohon Tertua di Dunia Berusia 4.000 Tahun

Ini Pohon Tertua di Dunia Berusia 4.000 Tahun
* Gran Abuelo, salah satu pohon tertua di dunia. (Foto: ist)

Salah satu pohon tertua di dunia, El Alerce Abuelo, ada di Taman Nasional Los Alerces, kota Esquel, provinsi Chubut, Argentina. Pohon larch atau larix ini telah hidup selama dua hingga empat ribu tahun.

Pohon Abuelo ini tumbuh setinggi 57 meter dengan diameter 2,8 meter. Ia berhasil hidup lebih dari 2.600 tahun. Selain pohon Abuelo, ada spesies pohon larch lain yang hidup hingga 4.000 tahun di taman nasional yang sama.

Alicia Elicabe, seorang pemandu wisata di Taman Nasional Los Alerces, mengatakan taman nasional ini masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada 2017, dikutip dari Anadolu Agency.

“Taman nasional ini didirikan untuk melindungi pohon larch. Pohon ini di sini berusia 2.600 tahun, masih hijau, hidup dan tumbuh. Ada juga berbagai jenis pohon larch yang hidup selama 4.000 tahun di taman ini,” kata Elicabe.

Pohon larch sendiri merupakan tumbuhan lokal di Argentina dan Chile. Pohon ini bertumbuh sekitar 0,6 hingga 1,6 milimeter per tahun. Ia hidup di tempat dengan curah hujan dan kelembapan yang tinggi.

Argentina merupakan negara yang cukup kaya dengan keanekaragaman hayati. Mengutip The Nature Conservancy, Argentina merupakan habitat dari 1.002 jenis burung dan ratusan spesies reptil, mamalia, dan amfibi. Sayangnya, 25 persen di antaranya terancam punah.

Menurut NASA, Argentina merupakan produsen kacang kedelai terbesar ketiga di dunia. Namun, produksi kacang kedelai ini merupakan sumber dari masalah deforestasi di hutan Argentina pada 2000-an. (CNN/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.