Kamis, 26 Mei 22

Ini Penyebab Kebakaran di Lapas Tangerang

Ini Penyebab Kebakaran di Lapas Tangerang
* Ilustrasi kebakaran. (Foto: bengkulutoday.com)

Tangerang, obsessionnews.comTerjadi kebakaran hebat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang. Akibat peristiwa tersebut puluhan napi dikabarkan meninggal dunia. Kebakaran terjadi sekira jam 2 pagi.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga menduga Lapas Tangerang kebakaran disebabkan hubungan arus pendek. Awal mula hubungan arus pendek tersebut terjadi di Blok C.

“Lapas ini ada tujuh blok, dimana per blok itu ada sembilan kamar, nah yang terbakar ini adalah Blok C2, di mana di situ ada aula dan sembila kamar, kalau blok lain itu jauh, karena masing-masing blok itu jauh, jadi di blok ini lah terjadi diduga awal hubungan pendek,” beber Reynhard Silitonga saat dikonfirmasi, Rabu (8/9/2021).

Meski demikian, hanya Blok C2 yang hangus terbakar. Petugas pemadam kebakaran berhasil mengamankan agar api tidak menjalar ke blok lainnya di Lapas Tangerang. Diduga, puluhan korban yang tewas dalam kebakaran tersebut berasal dari Blok C.

“Ini musibah yang dialami di Lapas Kelas I Tangerang, kami berupaya terus mengamankan yang masih ada di blok lain, saya kira itu, ini di Blok C2 yang diduga terjadi hubungan pendek,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imron menjelaskan, saat ini api sudah berhasil dipadamkan sejak pukul 03.00 WIB. Sementara itu seluruh warga binaan yang selamat telah dievakuasi dan petugas juga sudah melakukan olah TKP.

“Kami sudah melakukan pengamanan TKP dan penyelamatan terhadap warga binaan serta upaya untuk memadamkan dan mengisolasi agar api tidak meluas itu langkah awalnya,” ujar Kapolda di lokasi kejadian.

Selanjutnya saat evakuasi ditemukan adanya korban luka berat sebanyak 8 warga binaan, luka ringan sebanyak 72 warga binaan dan meninggal dunia sebanyak 41 warga binaan. Sementara untuk warga binaan yang selamat saat ini sudah dievakuasi ke blok lainnya.

“Ditemukan ada yang meninggal dunia dan ada yang luka, yang luka segera kita lakukan perawatan di luar rumah sakit Sitanala dan RSUD Kabupaten Tangerang, yang meninggal juga demikian,” lanjut Kapolda.

Untuk sementara ini tim Puslabfor Mabes Polri bersama Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota sedang melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya kebakaran di Lapas Klas I Tangerang blok C2. Kondisi sementara saat ini sudah terkendali dan belum dipastikan penyebab kebakaran.

“Langkah selanjutnya adalah melakukan penyidikan sebab terjadinya kebakaran, tim dari puslabfor Mabes Polri dari direktorat kriminal umum Polda Metro Jaya bersama Satreskrim Polres Tangerang bekerja maraton untuk mengetahui sebab kebakaran,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Lapas Tangerang kebakaran sekira pukul 01.50 WIB. Sebanyak 41 orang dikabarkan tewas akibat kebakaran tersebut. Sementara, sejumlah orang yang mengalami luka-luka telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.