Selasa, 30 November 21

Ini Penyebab Bibir Menjadi Hitam

Ini Penyebab Bibir Menjadi Hitam
* Ilustrasi warna bibir gelap/hitam. (Foto: Tribunwow)

Memakai produk dan perawatan yang kurang tepat bisa membuat bibir mengering serta pecah-pecah.

Penampilan bibirmu akan menjadi kurang menarik dan kamu pun lebih sulit mengaplikasikan lipstik karena permukaannya kering.

Lipstik pun tidak akan bertahan lama. Apalagi, jika lipstiknya tidak membuat bibir lebih lembap. Akhirnya, penampilan bibir hancur dan permukaannya terasa sangat tidak nyaman.

Jika sudah mengalaminya, lakukan hal yang dilansir Skincare.com berikut ini agar bibirmu lembap kembali.

Melakukan eksfoliasi
Eksfoliasi adalah salah satu cara yang perlu dilakukan ketika bibirmu tidak sedang meradang, berdarah atau perih.

Lakukanlah ketika bibir kering dan kamu ingin menghilangkan sel kulit mati yang telah terkelupas.

Gunakan scrub bibir yang berbahan ringan dan tetap lembut. Sehingga, scrub tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati tanpa membuat bibirmu terlalu kering.

Menjaga kelembapan

Jangan lupa gunakan pelembap, tabir surya di sekitar bibir dan pakai lip balm yang mengandung SPF agar kesehatan serta kelembapan bibirmu tetap terjaga.

Sesuaikan pelembap dengan jenis kulitmu dan jangan gunakan terlalu sedikit atau berlebihan agar kulit mendapatkan kelembapan cukup.

Minum air cukup

Minum air cukup akan membuat kelembapan kulit dan bibirmu terjaga. Sehingga, kulit bibirmu tidak mudah mengering dan pecah-pecah. Sesuaikan jumlah air yang diminum dengan aktivitasmu agar tidak dehidrasi.

Penyebab Penggelapan Bibir
Hiperpigmentasi tidak hanya terjadi pada kulit dan ditandai dengan munculnya flek hitam. Kamu pun bisa mengalaminya pada bibir.

Bibirmu dapat berubah menjadi hitam seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, bibir dapat menghitam akibat gaya hidup.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati merawat bibir agar tetap cerah, lembap, sehat dan kenyal. Dilansir dari Stylecraze, berikut beberapa penyebab bibir menggelap.

Genetik

Kondisi genetik, fisiologis serta konsumsi obat-obatan tertentu bisa berpengaruh pada warna kulit bibir. Berkonsultasilah pada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh serta pemakaian obat tertentu pada kulit.

Merokok

Ini merupakan penyebab paling umum penggelapan kulit bibir. Bahkan, terdapat penelitian yang membuktikan bahwa hampir semua perokok mengalami penggelapan pada bibir.

Paparan sinar UV

Paparan sinar UV sangat berpengaruh pada warna kulit, termasuk di area bibir. Jika ingin mencegah penggelapan bibir, gunakanlah lip balm atau produk bibir lainnya yang mengandung SPF.

Kondisi kesehatan tertentu

Kondisi kesehatan tertentu seperti kekurangan vitamin atau anemia dapat menyebabkan penggelapan bibir. Selain itu, melasma dan sindrom tertentu juga bisa menjadi pemicunya. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.