Minggu, 5 Desember 21

Ini Penyebab Berkas Perkara Jessica Di-P21-Kan Kejaksaan

Ini Penyebab Berkas Perkara Jessica Di-P21-Kan Kejaksaan
* Kombes Pol Awi Setiyono.

Jakarta, Obsessionnews – Penyidik Polda Metro Jaya mengumpulkan alat-alat bukti yang dipersyaratkan oleh kejaksaan pada pasal 184 KUHAP mulai dari saksi, ahli, surat dan bukti petunjuk. Dari semua itu dirangkai untuk menjadikan berkas perkara Jessica Kumala Wongso lengkap atau P21.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan, dari 4 alat bukti tersebut, penyidik merangkaikan kesemuanya sehingga polisi menyimpulkan bahwa kasus tersebut telah memenuhi unsur untuk diserahkan ke kejaksaan.

“Bukti apa yang dijadikan P21, ya itu tadi semua bukti itu dirangkai,” ujar Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jum’at (27/5/2016).

Menurutnya, penafsiran hukum penyidik Polda dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) hal biasa kalau ada perbedaan. Namun demikian, dalam perjalanannya setelah penyidik merasakan lengkap maka dilimpahkan tahap satu ke kejaksaan.

Awi menjelaskan, setelah polisi melakukan pemberkasan dan berkasnya diserahkan ke kejaksaan, selanjutnya jaksa meneliti alat-alat bukti pada berkas tersebut.

“Kemudian jaksa meneliti, kemudian jaksa menafsir, oh ada hal-hal yang perlu dilengkapi,” katanya.

Sehingga, lanjut Awi, dari beberapa P19 itu akhirnya mengerucut pada kejadian kemarin, dinyatakan berkas Jessica lengkap setelah melalui penelitian jaksa. (Purnomo, @kapoy76)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.