Kamis, 2 Desember 21

Ini Penjelasan Mendagri Soal Polemik e-KTP Djarot

Ini Penjelasan Mendagri Soal Polemik e-KTP Djarot
* Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meluruskan isu seputar KTP elektronik milik Cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat yang sempat menjadi polemik. Menurut Tjahjo, KTP-el Djarot asli/sah, yang diterbitkan melalui prosedur yang benar.

“Hasil penelusuran kami terhadap history data yang bersangkutan (Djarot-red) dalam database kependudukan menunjukkan bahwa KTP-el Bapak Djarot Saiful Hidayat adalah KTP-el asli/sah,“ kata Tjahjo, Minggu (10/6/2018).

Tjahjo juga menjelaskan soal penerbitan e-KTP untuk Djarot, termasuk waktu pengajuan dan prosesnya. Dasar penerbitan e-KTP Djarot sesuai SKPWNI/3174/01062018/0001 tanggal 1 Juni 2018 oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan.

“Data dan KTP-el yang bersangkutan di-update pada hari Senin, tanggal 4 Juni 2018 pukul 10:48:39 AM oleh pemegang username nomor: 1271budi,” ujar Tjahjo.

Soal urusan e-KTP ini heboh berawal dari foto Djarot yang menunjukkan dia sudah memiliki e-KTP Sumut. Lalu berkembang spekulasi soal penerbitan e-KTP itu, termasuk soal kecepatan penerbitannya.

Isu miring soal penerbitan e-KTP Djarot juga diiringi dengan pernyataan pejabat daerah setempat soal prosedur penerbitan e-KTP. Pejabat itu merasa tak pernah menerima pengajuan e-KTP dari Djarot. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.