Kamis, 1 Desember 22

Ini Penjelasan Gulkarmat Jaksel Soal Kebakaran Baintelkam Mabes Polri

Ini Penjelasan Gulkarmat Jaksel Soal Kebakaran Baintelkam Mabes Polri
* Kebakaran di Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri. (Foto: tangkapan layar)

Obsessionnews.com – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan telah berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Kamis (24/11/2022) malam.

Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan (Jaksel), Sugeng menjelaskan, kebakaran tidak terlalu besar, namun bumbungan asap hitam yang cukup tebal.

“Penyebabnya percikan api. Nah, jadi awalnya gedung ini kan kosong mau direnovasi, kebetulan teknisi diperintahkan untuk membongkar UPS (uninterruptible power supply atau Suplai daya bebas gangguan), alat untuk sentral itu dan terjadilah percikan api. Pada saat percikan, keluar asap kemudian akhirnya asap pekat dan tebal sekali,” ujar Sugeng kepada wartawan, Jumat (25/11).

Dalam proses pemadaman telah dilakukan dua kali. Pada proses pemadaman api pada tahap awal, sudah selesai karena api yang tidak terlalu besar. Namun, asap hitam pekat muncul kembali pada pukul 22.10 WIB.

“Awalnya petugas memadamkan dengan alat APAR, tapi tidak sanggup jadinya pihak Mabes Polri telpon menghubungi kami. Setelah dipadamkan tadi, sudah padam (pukul 20.00 WIB),” katanya.

“Tetapi dua jam kemudian, ceritanya mau dipindah lagi itu alat (UPS), dikeluarkan lagi. Karena aki-nya itu basah, terjadi lah percikan. Kemudian titik api menyala kembali, tapi apinya tidak besar sebetulnya. Itu hanya asapnya saja yang luar biasa, yang cukup tebal sekali,” tambahnya.

Sugeng menyebut, sisa titik api yang membakar pada kabel-kabel listrik adalah penyebab tebalnya asap hitam tersebut. Menurutnya, kebakaran itu terjadi di lantai dasar gedung Baintelkam Polri.

“Iya karena ada asap, pasti ada api lah. Awalnya api tidak besar tetapi karena kabel-kabel yang terbakar, jadinya asap timbul yang membumbung tinggi sehingga gelap gulita,” ucapnya.

Seperti diketahui, Gedung Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri mengalami kebakaran mulai sekira pukul 22.15 WIB pada Kamis (24/11) malam. Kebakaran awalnya mulai terjadi sekira pukul 20.00 WIB, kemudian sempat padam. Akan tetapi, mulai sekira pukul 22.00 WIB, titik api kembali membesar. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.