Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Ini Peluang Indonesia ke Semifinal Cabang Sepakbola SEA Games 2017

Ini Peluang Indonesia ke Semifinal Cabang Sepakbola SEA Games 2017
* Foto : okezone.com

Jakarta, Obsessionnews.comTim nasional Indonesia bermain imbang tanpa gol melawan timnas Vietnam pada lanjutan SEA Games 2017 di Malaysia, Selasa (22/8/2017) malam. Dilihat dari hasil pertandingan tersebut, ada yang harus diperhatikan oleh Tim Nasional (timnas) Indonesia untuk menghadapi pertandingan berikutnya.

Pada pertandingan versus Vietnam kemarin malam, Indonesia bermain tanpa Evan Dimas. Sang pengatur serangan harus absen lantaran telah menerima dua kartu kuning pada pertandingan sebelumnya. Tanpa Evan Dimas, Indonesia tampak kesulitan mengembangkan permainan. Terlepas dari permainan apik Vietnam, pasukan Luis Milla kesulitan mengembangkan permainan sehingga selalu didominasi lawan.

Dalam pertandingan tersebut, emosi control juga harus terjaga. Sebab, hanya karena itu Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sepanjang 30 menit terakhir pertandingan setelah Hanif Sjahbandi diusir wasit. Gelandang Arema FC itu diusir lantaran menyikut pemain lawan. Pelanggaran Hanif itu pantas mendapat sanksi. Hal ini juga membuktikan bahwa para pemain masih perlu mengontrol emosi, apalagi dalam keadaan tertinggal.

“Dia adalah pemain muda dan kadang berbuat kesalahan. Ke depan, para pemain muda harus lebih kontrol emosi,” kata pelatih Luis Milla.

Indonesia lebih sering bermain dalam tekanan lawan saat menghadapi Vietnam. Namun, semangat juang Hansamu Yama cs membuat gawang Indonesia tetap perawan selama 90 menit, sekalipun dibombardir berkali-kali.

Beruntung Indonesia memiliki dua kipper yang sangat tangguh. Kipper yang dapat menghalau serangan lawan. Luis terpaksa memainkan dua orang kipper pada pertandingan itu. Hal itu dikarenakan Satria Tama mengalami cidera pada pertengahan babak kedua.

Satria kemudian ditarik keluar dan Kartika Ajie masuk. Padahal, Ajie juga tak dalam kondisi fit lantaran mengalami cedera ringan pada pertandingan versus Timor Leste, Minggu (20/8).

Dapat hasil imbang dalam pertandingan itu memang membuat Indonesia tertahan di peringkat ketiga Grup B dengan 8 poin, tertinggal dua angka dari Vietnam dan Thailand. Namun, dua negara terakhir, yakni Vietnam vs Thailand  akan saling berhadapan pada laga tersebut.

Andai pada laga Vietnam vs Thailand salah satu tim meraih kemenangan, Hansamu cs cukup menang dengan skor berapa pun melawan Kamboja. Ini merupakan peluang besar bagi Indonesia masuk ke semifinal cabang sepakbola dalam SEA Games 2017 di Malaysia. Lain halnya jika Vietnam vs Thailand bermain imbang. Lantaran diukur pertama adalah produktivitas, Indonesia harus menang dengan skor minimal selisih tiga gol untuk lolos.

Hasil imbang tersebut membuat Indonesia kini duduk di posisi tiga Grup B dengan poin 8 (selisih gol +4). Puncak klasemen jadi kepunyaan Vietnam (poin 10, +11), dan Thailand berada di posisi kedua (poin 10, +6).

Evan Dimas cs akan berhadapan dengan Kamboja di pertandingan terakhir. Sementara Thailand dan Vietnam akan baku hantam di waktu yang bersamaan. Meski akan sulit, skenario tersebut sejatinya sedikit menguntungkan Indonesia.

Walaupun saat ini mengisi dua posisi teratas dan punya peluang besar lolos ke semifinal, Thailand dan Vietnam tidak bisa memilih bermain aman di laga terakhir. Kedua tim akan berisiko disalip Indonesia jika ‘main mata’.

Jika Vietnam vs Thailand tuntas dengan hasil imbang, keduanya akan mengoleksi 11 poin dan selisih gol yang sama seperti sekarang. Karena selisih gol yang lebih sedikit, Thailand dalam posisi terancam disalip Indonesia.

Jika Vietnam vs Thailand tuntas sama kuat, Indonesia paling tidak harus menang 3-0 atas Kamboja. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi peluangnya terbuka lebar jika melihat hasil yang diraih Kaboja sejauh ini.

Dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan, Kamboja tiga kali kalah, mencetak satu gol dan kemasukan sembilan kali. Itu artinya Kamboja rata-rata kemasukan tiga gol per pertandingan.

Jika Vietnam menang, mereka dipastikan akan menjadi juara Grup B dengan poin 13. Indonesia cuma butuh menang 1-0 atas Kamboja untuk jadi runner up grup.

Sementara jika Thailand yang menang, mereka juga dipastikan akan jadi juara grup dengan poin 13. Sekali lagi, Indonesia cuma butuh kemenangan 1-0 atas Kamboja untuk lolos sebagai runner up. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.