Sabtu, 28 Mei 22

Ini Motif Pria yang Injak Alquran di Sukabumi

Ini Motif Pria yang Injak Alquran di Sukabumi
* Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin. (Foto: tangkapan layar YouTube)

Obsessionnews.com – Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin mengungkapkan motif pria berinisial CER asal Sukabumi, Jawa Barat, yang telah menginjak kitab suci Alquran dan menantang umat Islam adalah permasalahan keluarga.

Zainal mengatakan, motif pelaku melakukan perbuatan itu adalah permasalahan pribadi dalam keluarga, di mana hubungan pasangan suami istri ini sering cekcok, lantaran suami sering meninggalkan istri dengan waktu yang cukup lama.

“Yakni suami sering meninggalkan istrinya yang cukup lama, pernah sampai 3 bulan tanpa alasan yang jelas,” ujar Zainal, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Tak Pakai Waktu Lama, Polisi Tangkap Pria yang Injak Alquran dan Tantang Umat Islam

Dari hasil pemeriksaan, awalnya mereka menyelesaikan permasalahan ini secara Islam, yakni mengambil sumpah di bawah Alquran, namun suami terus menerus melakukan perbuatannya.

“Kemudian istri melakukan inisiatif membuat video yang telah kita saksikan bersama yang direkam oleh yang bersangkutan dengan harapan video itu disimpan oleh sang istri untuk memberikan ancaman kepada suami apabila sewaktu-waktu suami mengulangi perbuatannya, maka video tersebut akan di upload ke media sosial suami,” ungkap Zainal.

Selain itu, dari hasil pendalaman pemeriksaan pelaku, ternyata kedua pelaku yang merupakan suami istri yang sah di mata agama ini pemahaman soal agamanya sangatlah rendah, sehingga mereka melakukan hal tersebut.

“Hasil dari pemeriksaan yang kami lakukan, keduanya mengakui bahwa pemahaman agama mereka cukup dangkal, kemudian mereka melakukan hal ini bisa menjadi sebuah hal yang bisa menyelesaikan permasalahan rumah tangga mereka,” ungkap Zainal.

Meski begitu, polisi tetap mengenakan pasal kepada kedua tersangka, yakni yang pertama pasal terkait dengan penyebaran informasi yang dapat menimbulkan kebencian dan permusuhan, yaitu Pasal 28 ayat 2 Junto Pasal 45 A ayat 2 undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan UU tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun penjara.

“Kemudian terkait dengan penodaan, Pasal 156 A KUHP  dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara,” pungkas Zainal.

Seperti diketahui, media sosial Facebook baru-baru ini dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan seorang pria sedang menginjak kitab suci agama Islam, yakni Alquran.

Dalam video berdurasi 14 detik itu, pria yang diketahui bernama Dika Eka menantang ke semua umat muslim sembari melanjutkan menginjak Alquran.

Atas kejadian tersebut polisi langsung gerak cepat memburu pria yang ada di dalam video tersebut. Benar saja, tak pakai waktu lama Polisi berhasil menangkap pria berinisial CER asal Sukabumi, Jawa Barat, yang telah menginjak kitab suci Alquran dan menantang umat Islam itu.

Pria tersebut berhasil ditangkap pihak kepolisian di sebuah rumah makan, yakni di warung sate Mang Dillah di Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.