Minggu, 27 November 22

Ini Modal Timnas U-19 Melawan Thailand

Ini Modal Timnas U-19 Melawan Thailand
* Timnas Indonesia U-19.

Obsessionnews.com – Timnas Indonesia U-19 akan melakoni pertandingan melawan Thailand pada semifinal Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Jumat (15/9/2017) pada Jumat sore. Thailand memang bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan. Tapi Timnas U-19 juga punya modal besar untuk memenangkan pertandingan.

Selama Piala AFF U-18 ini digelar, Timnas Indonesia U-19 baru merasakan satu kali kekalahan saat melawan Vietnam dengan skor 3-0. Garuda muda baru bisa masuk laga semifinal saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 8-0.

Pada laga yang berlangsung Senin kemarin, Timnas Indonesia U-19 sudah menunjukkan keperkasaannya dengan melepaskan 42 tembakan. Sebanyak 18 di antaranya menemui sasaran dan delapan menjadi gol. Penguasaan bola timnas juga mencapai 76 persen.

Modal ini tentu biasa membantu Timnas Indonesia U-19 percaya diri. Sebab disisi lain, Thailand tak terlalu mengilap selama fase Grup A Piala AFF U-18 2017 ini.Mereka tak pernah berpesta gol laiknya Indonesia di penyisihan Grup A. Kinerja paling baik Thailand terjadi kala mereka mengalahkan Timor Leste 3-0. Sisanya, Thailand hanya menaklukkan Kamboja 1-0 dan Laos 2-1.

Sementara Timnas Indonesia U-19 punya nama Egy Maulana Vikri yang sangat cemerlang. Dia sudah mengemas enam gol pada gelaran kali ini. Statistiknya lawan Brunei juga mewah. Selain menciptakan dua gol dan satu assist, Egy juga menghasilkan delapan peluang bagi rekan-rekannya.

“Terkait kelebihan dan kekurangan Thailand, yang jelas semua tim yang kami hadapi, kami harus respek. Saat ini pembinaan usia muda di semua negara di ASEAN sudah berjalan baik,” ucap pelatih Indra Sjafri, Jumat (15/9/2017).

Perkataan Indra Sjafri bukan tanpa alasan. Sebab, Thailand tetap merupakan musuh bebuyutan Indonesia. Pada level muda, Indonesia sudah lima kali bersua Thailand dan cuma sekali meraih kemenangan. Sedangkan, Indonesia menderita kekalahan pada empat pertemuan lain.

Thailand juga menunjukkan kekuatan pertahanan. Pada fase grup, Piala AFF U-18 2017, mereka cuma kebobolan dua gol. Sedangkan Timnas Indonesia U-19 kemasukan empat kali.

Ada beberapa nama yang harus diwaspadai Timnas Indonesia U-19 pada laga nanti di antaranya Yuthpichai Lertlum dan Eakkanit Punya. Yutpichai sudah cetak satu gol, sedang Eakkanit merupakan merupakan salah satu pemain muda terbaik Thailand.

Nama Eakkanit boleh dibilang yang punya potensi besar merepotkan. Sebab, meski baru berusia 17 tahun, beberapa prestasi sudah diraihnya. Salah satunya menjadi pencetak gol termuda di Liga Thailand bersama Chiangrai United.

Menyumbang gol bagi Chiangrai saat takluk 1-4 dari Muang Thong United, Eakkanit saat itu masih berusia 15 tahun, 11 bulan, 28 hari. Selain satu golnya di Piala AFF, pemain 21 Oktober 1999 itu juga sudah merobek gawang Singapura pada turnamen di Hong Kong, Maret lalu. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.