Kamis, 21 Oktober 21

Ini Modal Pertama Menteri Susi

Ini Modal Pertama Menteri Susi

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang juga pengusaha pemilik Susi Air, ternyata memulai usaha tanpa pinjaman dari Bank. Susi beralasan, meminjam uang di Bank tidaklah mudah, apalagi usaha yang belum berkembang, sangat sulit dilirik bank. Susi akhirnya memilih meminjam modal dengan orang-tua dan teman-temannya.

“Kita pinjam-pinjam saja dari orang tua, teman, dan jangan lupa selalu dikembalikan,” kata Susi yang asal Pangandaran, Jawa Barat dalam acara d’Preneur with BRI di Gedung Lemhanas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2015).

Siapa menyangka, di bawah bendera Susi Air, kini Susi sudah punya 50 pesawat terbang. Setelah usahanya berkembang dengan pesat, banyak sekali tawaran pinjaman dari bank yang ingin menghampiri usahanya. Susi beranggapan, tanpa meminjam uang dengan cara berhutang, menjadikan beban terasa lebih ringan, tanpa membayar bunga bank.

Susi menjelaskan, dengan modal tanpa pinjaman bank meskipun nilainya tidak besar paling tidak bisa memulai usaha dengan baik. Ketika memiliki uang, segeralah lunasi utang yang ada agar beban keuangan tidak menumpuk.

Menteri Susi2-

Dalam menambah modal usaha, Susi juga pernah mengontrak rumah selama 16 tahun. Ia berpikir, kalau punya uang lebih nanti, dia akan bisa membeli 10 rumah.

Ia pernah memiliki pengalaman bertemu dengan seorang ibu diseminar dan mengeluh mengeluh punya utang bisnis dengan bunga 5% sebulan.

“Ibu itu bilang punya motor, rumah, dan lain-lain. Saya bilang jual saja itu rumah, lalu sewa, supaya tidak perlu pinjam modal,” jelas Menteri Kelautan dan Perikanan. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.