Selasa, 7 Desember 21

Ini Manfaat Jalan Perbatasan di Papua

Ini Manfaat Jalan Perbatasan di Papua
* Pembanguan jalan perbatasan di Papua. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Jakarta, obsessionnews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini terus  membangun jalan perbatasan di Papua dengan total panjang 1.098 kilometer, di mana telah tembus 931 kilometer dengan kondisi teraspal sepanjang 756 kilometer.

Baca juga:

Naik Sepeda Motor, Panglima TNI Tinjau Jalan di Papua

394 Prajurit TNI AD Bangun Jalan di Papua

Apa sih manfaat adanya jalan perbatasan tersebut?

Kementerian PUPR melalui status di akun Facebooknya, Selasa (27/10/2021), menjelaskan, pembangunan jalan perbatasan dari daerah pinggiran yang diikuti berbagai program pembangunan akan membuka keterisolasian daerah terpencil. Hal ini juga akan menekan biaya distribusi barang, sehingga harga barang bisa lebih murah. Barang kebutuhan pokok akan dapat diperoleh dengan lebih mudah dan murah sehingga mengurangi kesenjangan antarwilayah.

Meningkatnya konektivitas di wilayah perbatasan akan membentuk jalur-jalur logistik baru, sehingga embrio pusat-pusat perekonomian akan tumbuh dan bisa membuka kesempatan perekonomian yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Jaringan infrastruktur jalan perbatasan juga memiliki nilai strategis bagi negara dengan fungsi sebagai pertahanan dan keamanan negara, selain mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan.

Diharapkan semoga dengan adanya jalan perbatasan ini akan membuat Papua semakin maju dan setara dengan berbagai provinsi lainnya. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.