Sabtu, 24 Agustus 19

Ini Makanan Bikin Otak Cerdas & Makanan yang Bikin Pikun

Ini Makanan Bikin Otak Cerdas & Makanan yang Bikin Pikun
* ikan salmon. (123rf)

Memiliki otak cerdas tentu jadi impian setiap orang. Rajin membaca mugkin merupakan salah satu hal yang bisa membantu otak membuka cakrawala.

Tetapi, otak ternyata juga bisa bekerja lebih maksimal jika disokong oleh nutrisi dari makanan yang sehat. Lantas, apa saja makanan yang baik buat membantu mencerdaskan otak?

1. Cokelat hitam
Cokelat hitam baik dikonsumsi karena mengandung kombinasi gula dan kafein yang tepat. Membuat kekuatan otak Anda menjadi semakin meningkat.

Selain itu kandungan flavanoid pada cokelat hitam merupakan antioksidan yang sangat ampuh yang untuk memicu aliran darah ke otak.

Anda disarankan mulai mengonsumsi cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kadar 1/2 ons hingga 1 ons setiap hari untuk hasil terbaik buat otak Anda.

2. Salmon
Salmon merupakan paket protein tersehat buat menunjang kebutuhan otak manusia. Lantaran mengandung Omega-3 yang membentuk mayoritas struktur padat pada otak.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa Omega-3 berfungsi untuk membentuk sel dan saraf belajar. Selain itu Salmon juga mengandung magnesium, selenium, vitamin B, dan vitamin D.

Menurut Professor Guosong Liu, dari Tsinghua University di Beijing, China dalam studinya (2010) menyebutkan kandungan ini membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada otak manusia yang mengonsumsinya.

“Magnesium sangat penting untuk memfungsikan banyak jaringan dalam tubuh, termasuk otak. Dalam studi sebelumnya, kami pernah membuktikan bahwa magnesium mendorong synaptic plasticity atau kemampuan berkoneksi diantara dua saraf pada sel otak,” kata Liu, Times of India.

3. Alpukat
Manfaat buah alpukat tak boleh diremehkan. Selain menyehatkan, buah yang sering dijadikan jus ini mengandung protein, vitamin E, potasium, dan nutrisi penting lainnya.

Alpukat juga disebut-sebut baik dalam menunjang kinerja otak. Sebabnya, alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang membantu proses kelancaran aliran darah pada otak.

“Dan aliran darah yang sehat berarti otak sehat,” kata Ann Kulze, penulis Dr Ann’s dikutip dari WebMD.

Mengonsumsi alpukat juga tak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan kelebihan berat badan. Kulze bilang, Anda hanya cukup mengonsumsi seperempat atau setengah alpukat setiap hari.

Lemak tidak jenuh bisa membuat seseorang pikun. Foto: Time

 

Makanan yang Bikin Pikun
Lemak tidak jenuh ternyata bukan hanya menyebabkan kegemukan atau membahayakan kesehatan, lemak yang satu ini ternyata juga bisa mengikis memori seseorang sehingga membuatnya rentan pikun.

Lemak tidak jenuh atau trans fat terdapat di beberapa produk daging dan susu dalam jumlah sedikit, namun yang lebih berbahaya adalah trans fat olahan.

Kue, biskuit, margarin, dan makanan yang digoreng, seperti donat dan kentang goreng, tergantung proses pembuatannya, bisa mengandung trans fat yang tinggi.

Kesimpulan bahwa lemak tidak jenuh bisa mengikis memori seseorang didapat setelah diadakan studi terhadap 1.000 orang. Terbukti, konsumsi lemak tidak jenuh dapat memperburuk memori mereka yang berusia di bawah 45 tahun.

Bahkan, pada mereka yang terlalu sering mengonsumsi lemak tidak jenuh rata-rata melupakan 11 kata ketimbang yang tidak.

Namun, perlu diperhatikan studi ini memang belum bisa menjabarkan sebab dan akibat secara detail. Pasalnya, ketika diikutsertakan faktor seperti tekanan darah dan berat badan, hasilnya pun tidak signifikan. Bagaimanapun, lemak tidak jenuh tetap saja merusak sel tubuh dan memperparah stres. (medcom.id)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.