Rabu, 28 Oktober 20

Ini Lima Ulama Berpengaruh di Pemilu 2019

Ini Lima Ulama Berpengaruh di Pemilu 2019
* Peneliti senior LSI Denny JA Ikrama Masloman. (foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com Tokoh agama adalah orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap pemilih pada pemilu 2019 nanti. Sebesar 51.7% pemilih menyatakan bahwa mereka sangat mendengar himbauan dari tokoh agama (ulama, pastor, biksu, dll).

Sedangkan tokoh yang lainnya hanya dibawah 20%. Mereka yang menyatakan mendengar himbauan politisi hanya 11.0%, dan terpengaruh dengan himbauan atau pendapat pengamat hanya 4.5%.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencoba merumuskan kriteria ulama berpengaruh dengan 3 syarat utama. Pertama, tingkat pengenalan tokoh agama atau ulama tersebut diatas 40%.

“Kedua, Bngkat kesukaan terhadap ulama tersebut diatas 50%,” ujar peneliti senior LSI Denny JA Ikrama Masloman di kantornya, Jakarta Timur,  Rabu (14/11/2018).

Sedangkan yang ketiga adalah kemampuan mereka mempengaruhi atau himbauannya didengar diatas 15%. “Angka 15% adalah angka yang Bnggi untuk Bngkat pengaruh tokoh-tokoh terhadap pilihan pemilih,” katanya.

Dengan menggunakan tiga kriteria diatas, maka LSI Denny JA menemukan (sesuai survei Oktober 2018), bahwa hanya 5 tokoh yang masuk ke dalam kriteria tersebut.

Kelima tokoh tersebut adalah Ustad Abdul Somad, Ustad Arifin Ilham, Ustad Yusuf Mansur, Ustad Abdullah GymnasBar (AA Gym), dan Habib Rizieq Shihab.

Ustad Abdul Somad adalah tokoh agama atau ulama yang dikenal oleh 59.3% pemilih. Mereka yang menyatakan suka terhadap Ustad Somad sebesar 82.5%. Dan mereka yang menyatakan mendengar himbauan Ustad Somad sebesar 30.2%.

“Ustad Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau himbauannya dari kelima tokoh tersebut. Atau paling didengar suaranya dari semua tokoh ulama,” tutur Ikrama.

Sementara itu, Ustad Arifin Ilham dikenal oleh 41.2% pemilih. Mereka yang menyatakan suka sebesar 84.4% dari mereka yang mengenal. Dan mereka yang menyatakan mendengar himbauan Ustad Arifin Ilham sebesar 25.9%.

Ustad Yusuf Mansur adalah ulama yang dikenal oleh 57.2% pemilih. Sebesar 84.9% menyatakan menyukai Ustad Yusuf Mansur. Sebesar 24.9% menyatakan mendengar himbauannya.

Ustad Aa Gym adalah ulama yang paling dikenal dibanding ulama yang lain. Mereka yang mengenal Aa Gym sebesar 69.3%. Dari mereka yang mengenal, sebesar 79.7% menyatakan suka dengan sosok Aa Gym. Dan mereka yang menyatakan mendengar himbauan Aa Gym sebesar 23.5%.

Ulama kelima yang kuat pengaruhnya adalah Habib Rizieq Shihab. Ulama yang saat ini bermukim di Arab Saudi dikenal oleh 53.4% pemilih. Dari mereka yang mengenal, sebesar 52.9% menyatakan suka dengan sosok Habib Rizieq. Dan dari mereka yang mengenal sebesar 17.0% menyatakan bahwa mereka mendengar himbaun dari Habib Rizieq.

Untuk diketahui, LSI Denny JA melakukan survei nasional ini di 34 Provinsi pada tanggal 10 -19 Oktober 2018.

Survei ini menggunakan 1200 responden dengan margin of error sebesar +/- 2.8%. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode mul-stage random sampling. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.