Selasa, 7 Juli 20

Ini Larangan yang Berlaku di Aceh Pada Saat Ramadhan

Ini Larangan yang Berlaku di Aceh Pada Saat Ramadhan
* Muslim Aceh. (Foto: wikipedia.org)

Banda Aceh, Obsessionnews.com – Aceh adalah provinsi yang sudah menerapkan Perda Syariah dalam sistem pemerintahannya. Karena itu aturan-aturan itu kerap dibuat untuk kepentingan umat Islam. Misalnya pada saat bulan suci Ramadhan.

Pemerintah Kota Banda Aceh mengeluarkan sejumlah larangan kepada warga untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H. Salah satunya pemilik kafe dan restoran dilarang membuka usahanya dari pagi hingga shalat tarawih. Mereka diperbolehkan untuk buka seusai shalat tarawih.

Larangan lainnya warung makan diminta untuk tidak membuka usahanya mulai dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Mereka diperbolehkan berjualan makanan (seperti takjil) dan minuman di atas pukul 16.00 WIB.

Terhadap pengusaha biliar, play station dan hiburan lainnya dilarang membuka usahanya selama bulan Ramadhan. Pengusaha salon dibolehkan buka pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Selain itu, pengusaha hotel dan kafetaria dilarang menyediakan makanan pada siang hari, menggelar karaoke dan sejenisnya selama bulan suci Ramadhan juga dilarang.

Wali Kota Banda Aceh Aminulla Usman mengatakan, larangan merupakan hasil keputusan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Marhaban ya Ramadhan, mari kita sambut bulan suci Ramadhan dengan penuh gembira. Kita tingkatkan ibadah di bulan yang penuh berkah,” kata kepada wartawan, Kamis (2/5/2019).

Aminullah juga mengimbau seluruh umat Islam untuk memakmurkan masjid dan tempat ibadah lainnya dengan melaksanakan shalat tarawih, tadarus Al Quran, itikaf dan ibadah lain semata-mata karena Allah SWT. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.