Rabu, 1 Desember 21

Ini Komentar KPK Setelah Kasus BG Dilimpahkan ke Polri

Ini Komentar KPK Setelah Kasus BG Dilimpahkan ke Polri

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak dapat berbuat apa-apa setelah Kejaksaan Agung memutuskan untuk melimpahkan kasus Komjen Budi Gunawan (BG) ke Polri. Sebab menurut Plt Wakil Ketua KPK, Johan Budi SP, penanganan kasus tersebut sudah bukan kewenangan KPK.

“Kami sudah menyerahkan atau melimpahkan perkara BG ke Kejaksaan Agung. Tindak lanjut sepenuhnya diserahkan kepada Kejaksaan Agung,” ujar Johan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Johan mengatakan, melimpahkan kasus Budi Gunawan yang terjerat kasus kepemilikan rekening tidak wajar sepenuhnya ada di tangan kejaksaan. Meski pihaknya masih terikat kesepakatan dalam melakukan fungsi koordinasi-supervisi antarlembaga penegak hukum.

“KPK sudah tidak menangani lagi. Mengenai tindak lanjut penanganannya, sepenuhnya diserahkan kepada Kejaksaan Agung,” lanjut dia.

Sebelumnya Kejagung secara resmi telah melimpahkan kasus Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu ke polri pada 2 April lalu. Kasus ini sedang digarap tim di bawah koordinasi Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso.

Pelimpahan perkara ini dilakukan setelah PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan praperadilan Budi Gunawan. KPK yang awalnya menangani kasus ini dianggap tak sah dalam menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka. Lalu, KPK melimpahkan kasus BG kepada Kejagung pada 9 Maret lalu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.