Minggu, 24 Oktober 21

Ini Kisah Investigasi KKP Ungkap Kebocoran Garam

Ini Kisah Investigasi KKP Ungkap Kebocoran Garam

Jakarta, Obsessionnews – Menanggapi pertanyaan soal kebocoran garam impor ke pasar umum, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tak bisa memastikan. Sebab ilegal, makanya tak bisa dikonfirmasi.

“Tapi fenomena yang kita baca setiap ada izin impor, biasanya dalam beberapa bulan kemudian diikuti anjlioknya harga garam petani,” kata Sudirman Saad, Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil KKP di Jakarta, Rabu (5/8).

Saad menuturkan, tahun 2012 lalu pihaknya sempat menggelar investigasi di Sampang, Madura, Jawa Timur. Hasilnya, saat panen raya ditemukan garam impor asal India masuk. Jumlahnya, mencapai 18 ribu ton. Inilah yang membuat harga garam produksi petani lokal terus amburadul.

“Kita datang ke perusahaan yang impor dan malamnya dikeluarkan garam dari gudang. Jadi dikeluarkan dari gudang 18 ton dan diganti garam lokal. Bupati Pamekasan menangis karena harga diri orang madura terinjak. Saat musim panen ada impor ilegal,” tutur Saad.

Akhirnya, meski pernah menggelar operasi intelijen soal masuknya garam impor, Saad tetap tidak bisa mengkonfirmasi berapa banyak yang bocor ke pasar. Tapi yang jelas menurut dia, ada kenekatan saat musim panen banyak impor.

“Kita tidak bisa konfrimasi berapa besar yang merembes. Tapi ada kenekatan saat musim panen banyak yang masuk,” sebut dia.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.