Jumat, 27 Mei 22

Ini Keistimewaan Sholat Tahajud

Ini Keistimewaan Sholat Tahajud
* Sholat tahajud. (Sumber foto: initu.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Mesin pencari Google mengangkat berita tentang sholat tahajud menjadi trending topic. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Jumat (18/5/2018) hingga pukul 05.01 WIB, berita tersebut ditelusuri lebih dari 10.000 kali.

Sholat tahajud dikerjakan setelah tidur. Waktunya terbentang mulai setelah isya hingga sebelum subuh, dengan didahului tidur. Dan waktu paling utamanya adalah di sepertiga malam yang terakhir.

Dikutip dari situs bersamadakwah.net disebutkan sholat tahajud merupakan sholat yang sangat istimewa. Disebut demikian karena satu-satunya sholat sunah yang perintahnya langsung disebutkan dalam Al Qur’an disertai dengan keutamaannya.

Allah berfirman dalam Alquran mengenai sholat sunah tahajud,“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Semula sholat ini wajib bagi kaum muslimin. Setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin. Sedangkan khusus bagi Rasulullah, sholat ini hukumnya wajib sehingga beliau tidak pernah meninggalkannya.

Ini keistimewaan sholat tahajud:

  1. Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79 di atas, siapa yang ahli sholat tahajud akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan terpuji.

  1. Kunci Masuk Surga

Rasulullah bersabda,”Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

  1. Sholat Sunah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah,”“Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

  1. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli sholat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya.” (HR. Hakim; hasan)

  1. Doanya Dikabulkan

Orang yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

  1. Kebiasaan Orang Saleh

Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang saleh sebagaimana mereka.

Biasakanlah dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh  sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

  1. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yang kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunah ini sebagaimana hadits di atas.

Yang lebih istimewa lagi sholat tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yang melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

  1. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis. (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.