Rabu, 12 Agustus 20

Ini Keistimewaan Santan Kelapa untuk Tubuh Manusia

Ini Keistimewaan Santan Kelapa untuk Tubuh Manusia
* Santan Kelapa. (Foto: aksi.id)

Jakarta, Obsessionnews.comSantan kelapa merupakan cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring.

Wujudnya yang tidak tembus cahaya dan rasanya yang kaya disebabkan oleh kandungan minyak, bagian terbesarnya adalah lemak jenuh. Santan kelapa adalah bahan makanan yang merakyat di Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.

Santan memiliki rasa lemak yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi gurih. Santan kelapa mengandung tiga nutrisi utama, yaitu lemak sebesar 33.80%, protein sebesar 6.10%, serta karbohidrat sebesar 5.60%.

Hal tersebut sesuai dengan peryataan dalam sebuah penelitian yang menyatakan penambahan santan dapat menambah cita rasa dan nilai gizi, contohnya dalam abon. Santan akan menambah rasa gurih karena memiliki kandungan lemak yang besar.

Namun tahu kah Anda kalau santan kelapa itu memiliki keistimewaan untuk tubuh manusia, yakni dapat melancarkan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mau tahu lebih dalam lagi keistimewaan santan kelapa? Berikut ulasan sedikit tentang santan kelapa.

Melancarkan Pencernaan

Dilansir dari Boldsky, orang yang tidak toleran terhadap laktosa dapat beralih ke santan karena lebih kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pencernaan. Minum santan juga meningkatkan pertumbuhan microbiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung asam laurat, yang terkenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi dan menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis pneumoniae. Ini, pada gilirannya, membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari santan adalah meningkatkan kesehatan jantung karena adanya asam laurat di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengonsumsi bubur kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18%. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.