Kamis, 16 Juli 20

Ini Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Ini Keistimewaan Puasa Senin Kamis
* Ilustrasi puasa Senin Kamis. (Foto: bandungkita.id)

Jakarta, Obsessionnews.comPuasa sunnah menurut ajaran Islam merupakan salah satu bagian ibadah sunnah yang dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang Allah SWT.

Menurut ajaran Islam puasa sunnah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Dengan melaksanakan puasa sunnah seseorang dapat mendapatkan beberapa keuntungan yaitu keuntungan untuk menjadi orang-orang yang disayangi Allah serta mendapatkan pundi pahala. Dengan puasa sunnah seseorang bisa sehat dan kuat.

Menurut Nabi Muhammad SAW, Allah mencintai orang beriman yang sehat dan kuat daripada orang beriman yang lemah (HR Muslim dari Abu Hurairah ra).

Salah satu puasa sunnah yang dikenal dalam ajaran islam yaitu puasa Senin Kamis. Dalam menjalankan puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis harus memasang niat untuk mendapatkan kasih sayang Allah dan puasa sunnah yang dilakukannya juga atas dasar cinta kepada Allah. Orang yang melaksanakan atau menjalankan puasanya sunnah merupakan atas dasar kehendak diri mereka sendiri jika ingin berpuasa dan jika tidak boleh dibatalkan walaupun tanpa halangan.

Puasa Senin Kamis merupakan ibadah puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Puasa sunnah ini jika dilakukan akan mendapat pahala dan jika tidak dilaksanakan juga tidak berdosa.

Puasa Senin Kamis ini juga bisa dibarengi dengan puasa qadha bulan Ramadan, atau mengganti Puasa Ramadhan yang sempat batal. Karena hukum puasa qadha bulan Ramadhan ini wajib hukumnya.

Beberapa orang ada yang bertanya, mengapa  puasa sunah harus dilakukan pada hari Senin dan Kamis? Kenapa tidak di hari lain, misalnya Senin-Selasa?

Berikut alasan mengapa mesti dilaksanakan di hari Senin dan Kamis sebagaimana dikutip dari bersamadakwah.net.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa Senin Kamis.

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas dia menjawab,

Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Pada hari Senin dan Kamis adalah hari amal-amal akan diperlihatkan. “Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi)

Pada hari Senin-Kamis amal akan dilaporkan. Dan pada hari itu pula Allah akan mengampuni setiap dosa hambanya.

Selain itu, di hari Senin Kamis juga pintu surga akan dibuka.“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim).

Artikel tentang puasa Senin Kamis ini menjadi tranding topic di mesin pencari Google. Pantauan obsessionnews.com di google trends wilayah Indonesia, pada Kamis (28/5/2020) pukul 11.54 WIB, berita tentang puasa Senin Kamis ini telah ditelusuri lebih dari 5.000 penelusur. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.