Kamis, 23 September 21

Ini Kawasan Perkapalan yang Dikatrol Pemerintah

Ini Kawasan Perkapalan yang Dikatrol Pemerintah

Jakarta, Obsessionnews – Ada beberapa kawasan di Indonesia yang tengah dikembangkan guna memacu industri galangan kapal dan mewujudkan mimpi menjadi poros maritim seperti obsesi pemerintahan Presiden Jokowi-JK.

Pertama, Kementerian Perindustrian seperti dikatakan Menterinya, Saleh Husin, saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau industri galangan kapal di Batam, Kepulauan Riau, pada Minggu (21/6), Pemerintah Provinsi Jawa Timur digandeng guna menetapkan wilayah Lamongan sebagai kawasan khusus industri alat angkut air. Pada tahap awal, areal seluas 200 hektar sudah disediakan.

Di Lamongan, Jawa Timur sendiri, ada beberapa perusahaan yang sudah beroperasi antara lain Lamongan Marine Industry, PT DOK dan Perkapalan Surabaya, serta Lamongan Integrated Shorebase.

Ada juga PT PAL Indonesia yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur dan secara khusus memproduksi kapal bagi kebutuhan pertahanan serta komersial.

Sementara itu, di luar Pulau Jawa, Kementerian Perindustrian menetapkan Tanggamus, Lampung sebagai area pengembangan kawasan industri maritim. Menurut Menperin, daerah ini merupakan satu dari 13 kawasan di luar tanah Jawa yang bakal difasilitasi pembangunannya oleh pemerintah pusat.

“Luas lahan mencapai 3500 hektare dan akan dibangun galangan kapal, kawasan recycle kapal, industri pendukung dan logistik,” jelas Saleh. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.