Sabtu, 24 Agustus 19

Ini Jalur Alternatif Hindari Jalan Ambles Puncak Pass

Ini Jalur Alternatif Hindari Jalan Ambles Puncak Pass
* Lokasi amblesnya jalan Puncak Pass dan penutupan jalur puncak. (foto: Pikiran Rakyat dan Sinar Harapan)

Bogor, Obsessionnews.com – Masih nyaring terdengar di telinga kita soal longsor besar di jalur puncak pada Februari 2018 lalu. Kini daerah tersebut yang merupakan bahu penyangga jalan di area Puncak Pass, Bogor, Jawa Barat,  kembali ambles hingga 150 meter pada Rabu (28/3/2018).

Amblesnya jalan dengan lebar rekahan 50 sentimeter itu terjadi secara perlahan pada Rabu pukul 21.00 WIB hingga siang hari. Hal itu dikatakan oleh Camat Cipanas Ahmad yang langsung meninjau lokasi kejadian.

Dia mengungkapkan, jalan yang ambles itu bertepatan dengan lokasi longsor sebelumnya yang saat ini masih dalam perbaikan. Sejauh ini pihaknya belum menerima laporan dari peneliti mengenai penyebab amblesnya jalan tersebut.

Ahmad pun mengimbau kepada warga dan pengendara agar berhati-hati apabila melintas jalur tersebut, karena kondisi jalur yang ambles itu sangat berbahaya untuk dilintasi oleh pengendara.

Sementara itu, untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas menjelang libur panjang akhir pekan nanti, aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat memberikan alternatif jalur yang bisa ditempuh pengendara.

Kapolres Bogor Andi M Dicky Pastika di lokasi kejadian memberikan keterangan, polisi dan petugas Kementerian PU di lapangan tengah berkoordinasi untuk perbaikan jalur tersebut.

“Benar, ada longsor susulan sekitar jam 21 tadi. Kejadiannya di sekitar Puncak Pass, tepatnya di sekitar di Puncak Pass Hotel dan Resort, di perbatasan Bogor dan Cianjur. Lokasinya hampir sama dengan longsor sebelumnya,” kata Dicky.

Lalu lintas di jalur Puncak ini biasanya akan menjadi padat saat akhir pekan, apalagi ada hari libur. Akibat kejadian longsor itu, maka jalur Puncak dinyatakan tertutup untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Sepeda motor dan kendaraan proyek yang memperbaiki jalan ini masih bisa jalan. Jadi saya menyarankan, yang akan melalui jalur Puncak sebaiknya menggunakan sepeda motor,” saran Dicky.

Penutupan akan dilakukan di pintu masuk perkebunan Gunung Mas untuk di wilayah Bogor. Sementara untuk wilayah Cianjur akan ditutup di sekitar persimpangan Hypermart. Dua tempat itu dipilih karena memiliki bahu jalan yang lebar hingga dapat dipergunakan kendaraan untuk berputar arah.

Sebagai jalur alternatif karena penutupan jalur puncak itu, maka polisi dan Dinas Perhubungan menetapkan sejumlah jalur alternatif.

Jalur alternatif dari Cianjur ke Bogor dialihkan ke arah Jonggol atau Sukabumi. Sementara dari Jakarta ke arah Cianjur dapat melewati cibubur, Jonggol Cariu, Sukamakmur, Cibadak, Cipanas, hingga Taman Bunga.

“Bisa juga lewat Sukabumi yaitu dari Bogor menuju Ciawi, Sukabumi, dan masuk ke Cianjur,” kata Dicky.

Penutupan jalan untuk mobil akan dilakukan hingga keadaan benar-benar aman. Menurut dia, polisi juga terus berkonsultasi dengan Kementerian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Darat, untuk mencari solusinya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.