Rabu, 17 April 24

Ini Hasil PPN-PPDN di Tahun-tahun Lalu

Ini Hasil PPN-PPDN di Tahun-tahun Lalu

Jakarta, Obsessionnews – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang selama ini kesulitan meningkatkan akses pasar akhirnya bisa bernafas lega. Sebab Kementerian Perdagangan memfasilitasi dengan menggelar Pameran Pangan Nusantara dan Pameran Produk Dalam Negeri 2015 (PPN-PPDN) tingkat nasional yang digelar di Jakarta, mulai 5 hingga 8 November mendatang.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, pameran seperti ini mampu mencetak wirausahawan serta membuka lapangan kerja baru di tengah kondisi pelemahan ekonomi saat ini.

Lembong menjelaskan, pihaknya sudah memfasilitasi 22 ribu UMKM dalam berbagai kegiatan. Salah satunya, ya event yang digelar saat ini.

Hasilnya kata dia, cukup membanggakan. Sebanyak 30% peserta sukses menjalin kemitraan dengan ritel atau toko modern sebagai penyuplai tetap. Bahkan, dalam Sembilan tahun penyelenggaraan PPN-PPDN total transaksi sudah menyentuh angka Rp 14 miliar dengan jumlah peserta 3.100 unit UMKM.

Sementara itu, transaksi ritel UMKM juga meningkat rata-rata 59% setiap tahun dengan jumlah pengunjung 70 ribu sampai 290 ribu orang selama empat hari penyelenggaraan.

“Langkah ini akan terus dilakukan guna menaikkan taraf pelaku UMKM yang sebelumnya berskala mikro, meningkat menjadi kecil, yang kecil kemudian menjadi kelas menengah hingga menjadi mandiri,” kata Lembong. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.