Kamis, 25 April 24

Ini Hasil Pertemuan Jokowi – Erdogan

Ini Hasil Pertemuan Jokowi – Erdogan

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas beberapa isu-isu dunia yang berkaitan dengan ekonomi, terorisme, serta situasi di Timur Tengah saat memimpin pertemuan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan delegasi Pemerintah Turki yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

“Tadi kita sudah sepakat akan adanya hambatan-hambatan perdagangan yang ada ini bisa segera diselesaikan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Kerjasama kedua negara baik di bidang industri perawatan militer, maupun industri pembuatan kapal-kapal kecil juga akan segera diwujudkan. Kerjasama dimaksud akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara.

“Juga pembangkit listrik tenaga gas, ini juga segera ingin kita konkritkan,” tambahnya.

Terkait dengan terorisme, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia telah meminta agar ada kerjasama intelijen, kerja ama informasi, dan juga akan ditempatkan di perbatasan Turki-Suriah.

“Kita minta untuk ada nanti yang kita tempatkan di sana. Ya dari aparat kita, aparat intelijen. Untuk juga agar tukar menukar informasi dan intelijen ini betul-betul bisa kita lakukan,” terang Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Presiden Turki itu antara lain Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Hadir pula, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Kapolri Jend. Badrodin Haiti, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.