Kamis, 30 Juni 22

Ini Dia Ezra Walian, Striker Ajax yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Ini Dia Ezra Walian, Striker Ajax yang Ingin Bela Timnas Indonesia
* Ezra Walian.

Obsessionnews.com – Nama Ezra Walian memuncaki daftar Google Trends pagi ini, Kamis (29/12/2016). Niatnya yang hendak membela Tim nasional sepak bola Indonesia menjadi daya tarik para pembaca di tanah air.

Lalu, siapa Ezra Walian?

Pemilik nama lengkap Ezra Harm Ruud Walian ini merupakan striker klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam. Bersama Ajax, Ezra telah menandatangani kontrak profesionalnya dengan durasi 4 tahun hingga 30 Juni 2017.

Nama Ezra mulai diperhitungkan ketika baru bergabung dengan tim junior Ajax dan langsung bermain di turnamen Lion City Cup Singapore 2012. Di turnamen junior yang juga diikuti beberapa tim besar Eropa seperti Manchester City dan FC Porto itu, Ezra sukses membawa Ajax B2 (U-16) menjadi juara dan top skor.

Pria lelaki kelahiran 22 Oktober 1997 tersebut merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia. Ayahnya bernama Glenn Walian berasal dari Manado, Indonesia sedangkan ibunya Linda Bos merupakan warga asli Belanda.

Kecintaannya pada tanah leluhurnya dibuktikan Ezra dengan mengunjungi Indonesia hampir setiap tahun. Utamanya mengunjungi Manado yang merupakan daerah asal ayahnya. Namun untuk berlibur, Bali dan Bunaken menjadi dua destinasi favorit Ezra.

Pada tahun 2013, Ezra juga pernah diundang langsung oleh Gubernur provinsi Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang di rumah dinasnya. Pada kunjungan selanjutnya, yakni tanggal 8 Juli 2014, Ezra diundang langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia saat itu, Roy Suryo.

Bahkan ia juga sering melakukan kegiatan sosial yang berhubungan dengan dunia sepak bola yaitu dengan menggelar Coaching Clinic di Bandung, Bogor dan Manado serta mengunjungi Panti Asuhan “Mama Sayang” di Jonggol dan Rumah Sakit Khusus Ginjal “Ny.R.A.Habibie” di Bandung.

Menanggapi keinginan Ezra yang ingin membela Timnas Indonesia, saat ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah membantu PSSI untuk memulangkan Ezra ke tanah air.

Menurut juru bicara Kemenpora, Gatot Dewa Broto, selama ini usaha pindah warga negara para olahragawan memang melalui perantara Kemenpora.

“Kami akan memfasilitasi usaha PSSI (untuk Ezra) agar bisa menjadi warga negara Indonesia. Selama ini, Kemenpora sudah melakukan itu untuk sejumlah atlet,” ujar Gatot, Rabu (28/12/2016).

Keinginan Ezra ini juga disebut Ketua Umum PSSI Letjen Edy Rahmayadi. Bahkan menurutnya, saat ini pemain 19 tahun tersebut sudah berada di Indonesia meski masih memiliki paspor Belanda. Keinginan Ezra tersebut, tegas Edy, merupakan murni kemauan Ezra agar bisa memperkuat skuat timnas Garuda.

Lihat aksi Ezra Walian dalam tayangan berikut ini. (Fath)

https://www.youtube.com/watch?v=v_qZJ_jX-ag

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.