Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Ini Cara Mandi Rasulullah, Sangat Bagus Bagi Kesehatan

Ini Cara Mandi Rasulullah, Sangat Bagus Bagi Kesehatan
* Ilustrasi mandi. (Foto : Islamidia)

Rasulullah SAW mengajarkan tata cara mandi yang sangat bagus sekali untuk kesehatan bagi tubuh kita. Oleh karena itu, bisa menjadi contoh bagi seluruh ummat untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari+hari.

Pertama, sebelum masuk kamar mandi tentu berdoa dulu. Kemudian, masuklah kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu. Ini ternyata sangat bermanfaat. Dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu, kita terhindar dari licin lantai atau pelatarannya, sehingga tidak akan terpeleset. Seperti turun dari bus.

Rasulullah itu mandi di bejana. Mungkin sekarang semacam bath up. Hal ini dilakukan Rasul karena bermanfaat untuk kesehatan, yakni agar suhu panas badan dapat menguap ke atas secara perlahan-lahan melalui kepala.

Praktisnya, sekarang kalau mandi siramlah terlebih dulu kaki kiri kita segayung, kanan segayung. Perlahan naik siram paha, perut dan pundak. Berhentilah sebentar agar panas tubuh menguap perlahan melalui kepala (rasakan tubuh Anda).

Setelah itu, bisa dilanjut dengan membersihkan tubuh menggunakan sabun sambil menunggu panas tubuh menguap semua. Stlh itu baru disiram kepalanya. Jika kepala dulu yang disiram, akan bahaya karena suhu panas tubuh tidak dapat keluar. Ini bisa mengakibatkan pembuluh darah di kepala beku/ tersumbat, bahkan pecah, yang bisa berakibat stroke. Lihatlah, banyak orang stroke kumat berawal dari kamar mandi. Ilustrasinya seperti korek api. Panas apinya naik ke atas, beda dengan air yang akan turun ke bawah.

Perhatikan tata urutan mandi tersebut. Ingat, selesai mandi keluarlah dengan kaki kanan dahulu. Pastikan bahwa alat mandi dan sabun Anda terbuat dari bahan yang suci/halal. Masyallah, dibalik sunnah Nabi, ada keberkahan kesehatan yang harus terus kita gali.

Ajaran Rasulullah cara mandi yang baik:

1. Bermula dari segayung siram di telapak kaki
2. Segayung di betis
3. Segayung di paha
4. Segayung di perut
5. Segayung di bahu
6. Berhentilah sejenak 5-10 saat/detik.

Kita akan merasakan seperti uap/angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang, setelah itu lanjutkan
dengan mandi seperti biasa.

Hikmahnya:
Seperti pada gelas yang diisi air panas kemudian kita isi dengan air sejuk. Apa yang terjadi? Gelas akan retak!

Jika tubuh kita, apa yang retak? Suhu tubuh kita cenderung panas dan air itu sejuk, maka yang terjadi jika kita mandi langsung menyiram pada badan atau kepala, angin yang harusnya keluar jadi
terperangkap atau kadang membawa maut karena pecahnya pembuluh darah.

Maka sebab itu kita sering menjumpai orang jatuh di bilik mandi tiba-tiba kena ‘stroke’. Boleh jadi kita sering masuk angin karena cara mandi kita yang salah. Boleh jadi kita sering migrain karena cara mandi yang salah.

Cara mandi ini baik bagi semua umur bahkan terutama yang mempunyai sakit diabetes, darah tinggi, kolesterol dan migrain/sakit kepala sebelah. Insya Allah dapat berangsur sembuh. (*/DI/Red)

 

Related posts

1 Comment

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.