Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Ini Cara KPK Melawan Pelemahan DPR

Ini Cara KPK Melawan Pelemahan DPR

Jakarta – Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas menegaskan, pihaknya tidak akan melawan upaya pelemahan KPK oleh DPR dengan cara ekstrim, cukup dengan memberikan upaya penyadaran. Busyro mengakui ada segelintir anggota DPR yang terus berupaya melemahkan KPK dengan berbagai cara.

“Ketika DPR itu terutama sebagian-sebagian anggotanya melakukan sikap-sikap pelemahan, sinikel juga, itu kami balas dengan cara kami membuat satu design bagaimana melakukan memperkuat di DPR,” ujar Busyro di Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Cara penyadaran yang dimaksud Busyro adalah dengan membuat buku. Kata dia, buku yang akan diserahkan ke DPR itu dibuat berdasarkan hasil kajian terlebih dahulu. “Jadi kami tidak pernah memperlemah DPR dan tak akan memperlemah DPR,” tegas Busyro.

Buku tersebut diharapkan bisa memperkuat kesadaran DPR dalam menjaga semangat pemberantasan korupsi yang tengah digalakkan oleh KPK. “Sehingga kalau nanti DPR melakukan agenda-agenda yang sebagian anggotanya ingin memperlemah KPK, itu semunya orang-orang yang perlu proses penyadaran,” katanya.

Dukungan politik dari DPR sangat penting untuk memperkuat posisi KPK. Sehingga menurut Busyro sinergi antara kedua lembaga ini sangat dibutuhkan. “Selama ini kan sudah, walapun masih memerlukan dukungan, dukungan-dukungan itu politik, sehingga DPR sangat penting,” tutup Busyro. (Has)

 

Related posts