Minggu, 29 Mei 22

Ini Asal Sebutan Bu Kasur

Ini Asal Sebutan Bu Kasur
* Kelahiran Bu Kasur diabadikan dalam Google Doodle Minggu (16/1/2022). (Foto: tangkapan layar)

Jakarta, obsessionnews.com – Siapa yang tak kenal tokoh pendidikan anak Sandiah atau yang lebih akrab disapa Bu Kasur? Tepat hari ini, 16 Januari memperingati hari kelahiran Bu Kasur.

Kelahiran Bu Kasur diabadikan dalam Google Doodle Minggu (16/1/2022). Google membuat doodle Bu Kasur dikelilingi anak-anak yang tengah bermain. 

Doodle itu tampak seperti lukisan yang menggunakan pensil warna. Beberapa anak memegang huruf-huruf yang membentuk kata “Google”.

Akan tetapi, tahukah Anda asal sebutan Bu Kasur itu?

Sandiah mulai dikenal sebagai Ibu Kasur setelah bersama suaminya, Pak Kasur, mengasuh Taman Putra dan Taman Pemuda di Jakarta.

Mereka menikah pada 29 Juli 1946 di tempat pengungsian di Yogyakarta. Panggilan Kasur berasal dari kata Kak Sur, sebutan akrab Pak Kasur yang bernama Suryono (Soeryono). Mereka sering mengadakan siaran untuk anak-anak di RRI Jakarta.

Bu Kasur yang menamatkan sekolah lanjutan setingkat sekolah menengah pertama (SMP) di zaman Belanda, Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) di akhir 1930-an itu mendirikan Taman Kanak- kanak Mini pada tahun 1968.

Setelah Pak Kasur meninggal, lembaga pendidikan anak itu berubah menjadi TK Mini Pak Kasur yang mempunyai lima cabang di kawasan Jabotabek, yaitu di Cikini, Cipinang, dan Pasar Minggu (ketiganya di Jakarta), serta di Kemang (Bekasi), dan Banjar Wijaya (Tangerang). (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.