Minggu, 29 Mei 22

Ini Alasan Taiwan Tawarkan Solusi Manufaktur Tekstil ke Indonesia

Ini Alasan Taiwan Tawarkan Solusi Manufaktur Tekstil ke Indonesia
* Marketing Assistant Manager Pailung Machinery Mill, Mason Chao saat memaparkan keunggulan produk manufaktur tekstil Taiwan, dalam webinar yang digelar Selasa (30/3/2021). (Foto: Istimewa)

Jakarta, obsessionnews.com – Dalam rangka mendukung Indonesia menuju revolusi Industri 4.0, sejumlah perusahaan asal Taiwan yang bergerak di bidang industri manufaktur tekstil menawarkan produk-produk unggulan mereka.

Industri mesin tekstil Taiwan diketahui memiliki reputasi global yang luar biasa. Dengan penekanannya pada layanan berkualitas tinggi dan andal, industri ini unggul dalam menyediakan teknologi fleksibel dan sistem terintegrasi tekstil.

Untuk menunjukan perkembangan terbaru industri manufaktur tekstil Taiwan kepada perusahaan Indonesia, diselenggarakan webinar bertajuk “Taiwan Excellence Textile Manufacturing Solution” yang diadakan oleh Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT) di bawah Kementerian Perekonomian (MOEA) R.O.C bekerja sama dengan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), pada Selasa (30/3/2021).

Dalam kesempatan itu, salah satu perusahaan manufaktur tekstil Taiwan Pailung Machinery Mill yang selama beberapa tahun fokus pada proyek rajut pintar, telah berubah karena gelombang Industri 4.0. Pailung telah meluncurkan MES (Manufacturing Execution System) dan POMS (Pailung Online Monitoring System) untuk merespon pasar yang bervariasi dan manajemen data yang kompleks.

Mesin rajut pintar mereka menyediakan layanan termasuk mengoptimalkan waktu penyesuaian dan akurasi mesin, meningkatkan efektivitas manajemen stok dan perawatan mesin, mempercepat respons dari sisi manufaktur ke kebutuhan pasar, meningkatkan pengulangan produk dalam produksi, manajemen data yang efektif dalam merajut basis data, serta manajemen dan komunikasi jarak jauh yang efektif di era pasca pandemi.

“Jika kita perlu berbicara tentang perbedaan keunggulan antara Pailung dan pesaing, kita harus mendefinisikan ‘Rajutan Cerdas’. Pailung tidak hanya memberikan monitioring dalam merajut tetapi juga memberikan kontrol dalam proses merajut. Ini benar-benar bisa mengatur prosedur merajut daripada hanya menontonnya,” kata Marketing Assistant Manager Pailung Machinery Mill Mason Chao.

Dia menjelaskan, alasan pihaknya memilih Indonesia untuk memasarkan produk, yakni karena Indonesia dinilai sebagai pemain besar dalam merajut, terutama pakaian dan sepatu. PDB dari tekstil pada tahun 2020 lebih dari 20% dan CAGR (Compound Annual Growth Rate) sekitar 5%, menunjukkan bahwa pasar Indonesia sangat fokus pada tekstil.

“Kami juga memiliki banyak referensi di sini. Itulah alasan kami memilih Indonesia sebagai basis untuk mempromosikan POMS dan MES. Selain Indonesia, kami juga memasarkan produk kami ke sejumlah negara lain, antara lain Vietnam, Turki, dan India,” ujar Mason Chao. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.