Jumat, 24 September 21

Ini Alasan Kemendag Tetap Lakukan Impor Beras

Ini Alasan Kemendag Tetap Lakukan Impor Beras

Jakarta, Obsessionnews – Apa sih tolak ukur pemerintah dalam menentukan stabil tidaknya pasokan pangan dan harga di tingkat pengecer serta konsumen ? Tapi kenapa harus impor ?

“Harga jadi indikator yang jujur,” sebut Sri Agustina Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan pada diskusi Pangan Kita yang digelar Radio Republik Indonesia (RRI) di Jakarta, Senin (25/5).

Sri menjelaskan, jika mempelajari data yang disuguhkan Badan Pusat Statistik (BPS), setiap kali ada peningkatan produksi Kementerian Perdagangan biasanya melakukan impor. Beras misalnya. Tujuannya kata dia, untuk menjaga stok cadangan agar jangan sampai kosong.

“Itu kan target. Tapi malah seperti itu. Impor kita makin kecil, tahun kemarin cuma 500 ribu ton,” kata Sri menjelaskan soal aktifitas impor beras yang dilakukan Kementerian Perdagangan.

Sri memastikan, jika berbicara soal impor beras yang dilakukan tujuannya untuk menjaga stok dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Juga, untuk kebutuhan industri yang belum bisa diproduksi di sini.

“Tahun ini, sepertinya kita tidak perlu impor kalau lihat data yang ada. Kita lihat pas panen nanti kemampuan Bulog untuk menyerap. Kalau bisa serap 30 persen saja itu sudah cukup,” kata Sri. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.