Sabtu, 25 September 21

Ini Alasan Jokowi Impor Bahan Rel KA dari Jepang

Ini Alasan Jokowi Impor Bahan Rel KA dari Jepang

Barru, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan Rel Kereta Api Trans Sulawesi Tahap Pertama Segmen I Rute Makassar – Parepare akan menggunakan produk dalam negeri, hanya bahan rel harus impor dari Jepang.

“Tapi semuanya, kereta-nya hampir 100 persen PT Inka dari dalam negeri,” ujar Jokowi saat meninjau proyek tersebut di Desa Telumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel, Rabu (25/11/2015).

Jokowi mengatakan bahan rel harus impor dari Jepang karena Indonesia sendiri belum siap. Sementara box bantalan, lokomotif dan gerbong kereta dibuat oleh PT Inka dan pengunci rel oleh PT Pindad. Keduanya merupakan perusahaan BUMN.

“Ini sesuai yang telah kita rencanakan. Jadi rel ini akan tersambungkan dengan Makassar new port dan juga akan tersambungkan dengan bandara,” kata Jokowi.

Untuk lintas Makassar – Parepare sepanjang 145 km, tahun ini dibangun 16,1 km yang dibagi dalam 13 paket pekerjaan. Adapun anggaran yang disediakan oleh pemerintah sebesar Rp 10,8 triliun yang dibiayai APBN (single years dari tahun 2015 hingga 2018).

“Yang ini adalah 200 km per jam (kecepatan), ini sudah cepat, mobil saja 100 km per jam sudah cepat, ini 200 km per jam,” jelasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.