Rabu, 20 Oktober 21

Ini Alasan Desainer Jepang Pilih Indonesia

Ini Alasan Desainer Jepang Pilih Indonesia

Jakarta, Obsessionnews – Desainer asal Jepang Steven Tach akan memamerkan designnya di Indonesia Fashion Week (IFW) 2015 nanti, dengan memakai asli material bahan tradisional dari aceh, Makasar, Bali, Nusa tenggara Barat dan Timur, Cirebon, Jawa Tengah.

“Dia (Steven) sangat tertarik dengan bahan Indonesia,” kata partner Steven di FashUnika Mulia Denny kepada Obsessionnews sambil menunjuk kearah Steven Tach, Selasa malam (24/2) di Restoran Bunga Rampai, Jakarta.

Cintanya terhadap Indonesia, ini berawal dari keikutsertaannya di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2014, Steven mulai mempelajari tentang Indonesia dan kekayaan budayanya. Hingga ia mulai mengagumi kekayaan budaya dan seni tradisional Indonesia.

Steven Tach

Terlihat dari rancangannya di ajang IFW 2014, Steven memadukan antara baju tradisional Jepang seperti kimono dan yukata dengan pakaian tradisional jawa.

Mulia Denny yang merupakan salah satu perancang mode Indonesia dari “FashUnika by Steven Tach” yang kini bekerjasama dengan Steven Tach beralasan, menampilkan karya Steven ini untuk memperkaya produk local dengan sentuhan, imajinasi, dan design dari perancang luar negeri.

Selain itu, untuk pasar luar negeri,diharapkan dapat memperkaya variasi produk dengan berbahan lokal dan etnik Indonesia, yang tingkat seninya tidak kalah dengan produk bahan luar negeri.

Bagi perancang Internasional, semoga ini menjadi contoh yang menyanjikan dengan nilai jual tinggi. Ini bukti bahan local Indonesia dapat diolah menjadi sebuah produk fashion yang sesuai taste dan imajinasi mereka. Menjadi langkah para perajin Indonesia untuk bisa dipertimbangkan di pasar Internasional.

jepang1

Begitu juga yang disampaikan oleh Ketua Dewan pengurus Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), melalui FashUnika karya Steevn Tach ikut membawa fashion Indonesia ke dunia baru. Indonesia umumnya hanya menjadi market bagi produk luar. Steven justru mengangkat kekayaan tradisional Indonesia siap bersaing di pasar Internasional.

Steven Tach lahir tahun 1979 dan menerima gelar Bachelor of Science di bidang “Aechitecture and Building Engineering” dari The Shibaura Institute of Technology, Tokyo. Hingga kini menjadi anggota dari “Architecture Institute of Japan”.

Setelah bekerja sebagai Interior Design, berlanjut menjadi Public Relation sebuah brand fashion, kemudian tahun 2011 Steven Tach meluncurkan label sendiri “STeVeN TACH”. Tahun 2014, dia meluncurkan label keduanya “Bau Steven Tach” yang berkolaborasi dengan AEON.

Bersama partnernya Mulia Denny, tahun 2015 meluncurkan label Internasional “FashUnika by STeVen TACH”, yang saat awal material bahan produksi masih original dari Jepang untuk pasar Indonesia. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.