Selasa, 4 Agustus 20

Ini Alasan BNI Serius Garap Sektor Pertanian

Ini Alasan BNI Serius Garap Sektor Pertanian
* Gedung BNI. (Foto: Dok BNI)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) paling terdampak dari adanya penyebaran Covid-19. Maka dari itu, BNI akan menyalurkan kredit kepada UMKM. Penyaluran kredit kepada UMKM tersebut diutamakan kepada sektor padat karya, sehingga dapat memberikan multiplier effect terhadap perekonomian nasional.

Untuk dapat mendorong sektor riil, kredit UMKM BNI utamanya akan disalurkan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) sehingga dapat menjangkau lapisan masyarakat secara lebih luas.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Nasional, BNI Beri Tambahan Kredit Modal Kerja kepada UMKM

“Sektor-sektor produktif seperti pertanian, industri, jasa, serta perdagangan menjadi sektor prioritas BNI,” ujar Direktur Utama BNI Herry Sidharta.

Dia menjelaskan, sektor pertanian dipandang sebagai sektor yang tahan terhadap penyebaran Covid-19. Hal tersebut yang mendorong BNI untuk menggarap sektor ini secara serius, utamanya melalui pembiayaan secara clustering, menggarap value chain dari hulu hingga ke hilir, serta pengembangan teknologi smartfarming dengan menggandeng start-up di bidang tersebut.

Baca juga: Corona Lahirkan Ide Kreatif Seorang Pelaku UMKM

“Keseriusan BNI dalam menggarap sektor pertanian tampak dari pertumbuhan kredit kecil di sektor ini yang mencapai 33,1% yoy,” ungkapnya.

Untuk itu, Herry memastikan, BNI akan memberikan tambahan kredit modal kerja kepada UMKM binaan BNI yang mendapat restrukturisasi kredit akibat adanya penyebaran Covid-19 serta dinilai masih memiliki prospek yang baik.

“Upaya tersebut diharapkan mendorong pergerakan ekonomi yang dimulai dari UMKM binaan BNI,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.