Minggu, 28 Februari 21

Ini 8 Komitmen Listyo Sigit Jika Jadi Kapolri

Ini 8 Komitmen Listyo Sigit Jika Jadi Kapolri
* Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo saat menjalani fit and proper test. (Foto: Layar tangkap dari YouTube)

Jakarta, Obsessionnews.comCalon Kapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo tengah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri sejak Desember 2019. Ia akan  menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

 

Baca juga:

Jenderal Idham Azis Antar Calon Kapolri Jalani Fit and Proper Test di DPR

Rabu Pagi, Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Diuji DPR

Listyo Sigit Sowan ke Mantan Kapolri, Tito Karnavian Sampaikan Pesan ke Calon Kapolri

 

Pada tahapan proses fit and proper test, Listyo menyampaikan berbagai visi-misi, program-program, prioritas kebijakan, dan komitmennya jika dirinya diberi amanah sebagai Kapolri.

Dalam pemaparannya, Listyo menyampaikan konsep serta pemikiran terkait dengan program penguatan Polri menuju Indonesia Maju. Ada 8 komitmen yang akan dijalankan Listyo jika dirinya menjadi Kapolri.

Yang pertama, menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan (Presisi).

“Kedua, menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional,” ujar Listyo dalam fit and proper test di DPR.

Yang ketiga, menjaga solidaritas internal. Lalu yang keempat, mengangkat sinergisitas dan soliditas TNI Polri, serta bekerja sama dengan APH dan Kementerian/Lembaga untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.

“Kelima, mendukung terciptanya ekosistem-ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Lalu yang keenam, menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan. Ketujuh mengedepankan pencegahan pemarsalahan, pelaksanaan keadilan restoratif, dan problem solving.

“Dan yang kedelapan, setiap negara NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Listyo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri sejak Desember 2019. Ia menggantikan Jenderal Idham Azis yang diangkat menjadi Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Listyo perah menjabat sebagai Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu Listyo menduduki posisi Wakil Kepala Polrestabes Kota Semarang. Kemudian menjadi Kapolres Solo.

Pada 2012, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Listyo dirotasi ke Jakarta. Ia duduk di pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Pada 2014. Listyo ditunjuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian atau pada Oktober 2016, dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Tak lama, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri pada Agustus 2018. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.