Sabtu, 2 Juli 22

Ini 4 Hal dari Menag Usai Putuskan Awal Ramadhan Rabu 10 Juli

Ini 4 Hal dari Menag Usai Putuskan Awal Ramadhan Rabu 10 Juli

Rudi

Jakarta-Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal Ramadlan 1434H jatuh pada hari Rabu, 10 Juli 2013M. Penetapan ini dikeluarkan dalam sidang itsbat yang diselenggarakan Kementerian Agama di Auditorium HM. Rasjidi, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Senin, (8/07).

“Setujukah para hadirin bahwa tanggal 1 Ramadlan 1434H jatuh pada hari Rabu, 10 Juli 2013?” tanya Menteri Agama Suryadharma Ali yang disambut dengan kata setuju oleh para tamu undangan yang hadir antara lain utusan dari organisasi massa (ormas) Islam, seperti: MUI, PBNU, Persis, Dewan Masjid Indonesia, Syarikat Islam, Persatuan Umat Islam (PUI), ICMI, Persatuan Islam Tionghoa, Wahdah Islamiyah, Al-Irsyad, DDI, Rabithah Alawiyah, Lembaga Persahabatan Ormas Islam, Ikatan Dai Indoneaia. Hadir pula Ketua Komisi VIII DPR RI, Ida Fauziah, Pejabat Mahkamah Agung, TNI Polri, serta utusan dari Duta Besar Negara sahabat.

Seusai mengetuk palu atas persetujuan peserta sidang tersebut, Menteri Agama (Menag) menyampaikan empat hal kepada para utusan ormas yakni;1. Otoritas menentukan awal bulan ada pada Pemerintah; 2. Menjaga persatuan itu lebih utama dibanding membesarkan perbedaan; 3. Meminta Kemenag untuk melakukan dialog intensif; 4. Saran agar peralatan rukyat bisa disediakan dengan peralatan yang lebih canggih.

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.