Sabtu, 26 September 20

Ini 10 Hal Menarik yang Iringi Kemenangan Islandia atas Inggris

Ini 10 Hal Menarik yang Iringi Kemenangan Islandia atas Inggris
* Para pemain Islandia meluapkan kegembiraannya setelah menyingkirkan Inggris dari Piala Eropa dengan skor 2-1 di Stadion Allianz Riviera, Nice, Perancis, Senin (27/6/2016).

Jakarta, Obsessionnews.com –  Inggris yang bertaburan pemain top di luar dugaan disingkirkan Islandia dari Piala Eropa 2016 pada fase 16 besar di Stadion Allianz Riviera, Nice, Perancis, Senin (27/6/2016). Inggris kalah dengan skor 1-2.

Gol pembuka Inggris tercipta dengan cepat oleh Wayne Rooney melalui titik penalti pada menit ke-4.  Ragnar Sigurdhsson langsung membalasnya pada menit ke-6 dan Kolbein Sigthorsson pada menit ke-18.

Sejumlah hal menarik mengiringi kemenangan Islandia atas Inggris. Berikut ini beberapa di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Islandia ‘Tembok’ Paling Kokoh di Eropa
Islandia memiliki pertahanan paling kuat di Piala Eropa 2016. Sejauh ini, sudah 166 serangan lawan yang berhasil mereka hentikan. Hebatnya, 107 di antaranya merupakan serangan-serangan berbahaya.

Islandia sebetulnya tidak melulu bertahan. Sesekali mereka mampu membalas serangan secepat kilat.  Terhitung sudah enam gol yang berhasil mereka cetak dengan skema seperti itu. Dua gol ketika menghadapi Austria dan Inggris, kemudian masing-masing satu gol ketika bermain imbang kontra Portugal dan Hungaria.

2. Islandia Ibarat Leicester City
Kemiripan keduanya dalam hal jumlah populasi penduduk. Islandia adalah negara kecil yang terletak di Benua Eropa paling utara. Saat ini, populasi penduduknya hanya sekitar 330.000 jiwa atau setara dengan jumlah penduduk yang memadati Kota Leicester, Inggris.

3. Prestasi Mentereng
Meski hanya negara kecil, Islandia memiliki prestasi cukup gemilang dalam dalam beberapa tahun belakangan ini. Mereka mampu bertengger di ranking 34 dunia dan pernah menduduki ranking 23 sebagai prestasi terbaik.

4. Kehebohan Suporter Fanatik Islandia
Setidaknya terdapat 26.985 masyarakat Islandia yang sedang berada di Prancis untuk menyaksikan Piala Eropa 2016. Meski tidak sebanyak suporter Inggris, Italia, atau Jerman, suporter Islandia sangat kompak dan kerap melakukan koreografi sepanjang pertandingan.

5. Ketahanan Tubuh Penggawa Islandia
Negara Islandia bisa diterpa hujan salju selama 24 jam ketika musim dingin. Sebaliknya, Islandia akan mengalami waktu siang lebih lama saat musim panas tiba. Perubahan cuaca ekstrem ini diyakini berdampak positif kepada skuat Islandia. Kini, tubuh para pemain Islandia kuat mengahadapi perubahan suhu selama Piala Eropa 2016 berlangsung di Prancis.

6. Eidur Gudjohnsen Masih Bersinar di Usia Senja
Gudjohnsen yang pernah tenar di Chelsea dan Barcelona menjadi salah satu pilar Islandia di Piala Eropa 2016. Kini, Gudjohnsen sudah berusia 37 tahun. Ia pertama kali bermain untuk timnas Islandia pada 1996. Hingga saat ini,  Gudjhonsen sudah bermain 87 kali dan mencetak 26 gol untuk Islandia.

7. Nama Unik
Terdapat 22 pemain Islandia yang memiliki nama dengan akhiran ‘Son’. Anomali hanya ada di nama Eidur Gudjhonsen. Pemberian nama dengan akhiran Son merupakan budaya kuno Islandia yang berarti anak tersebut adalah laki-laki. Jika perempuan, biasanya memiliki akhiran dottir.

8. Asisten pelatih Islandia merangkap sebagai dokter gigi
Islandia ditangani oleh dua sosok mantan pemain lokal yang cukup berpengaruh, yakni Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson. Menariknya, Hallgrimsson yang bertugas sebagai asisten pelatih merupakan dokter gigi paruh waktu di desanya. Aktivitas sambilan itu masih aktif hingga sekarang.

9. Kiper Islandia berprofesi sebagai sutradara video klip
Hannes Halldorsson yang ditugaskan menjaga mistar gawang Islandia memiliki profesi sampingan yang menarik. Ia merupakan sutradara video klip dan bekerja ketika tidak sedang latihan atau ada pertandingan. Salah satu karyanya sempat dipamerkan dalam ajang Eurovision Song Contest pada 2012.

10. Kreativitas Masyarakat Islandia Terlatih dari Kecil
Mayoritas masyarkat Islandia berprofesi sebagai penulis, aktris, dan kerajinan tangan. Masyarakat Islandia tetap dituntut kreatif kalau pun tak menjalani salah satu dari ketiga profesi tersebut. Tak terkecuali ketika seseorang memilih menjadi pesepak bola. Tak heran, Gylfi Sigurdsson dkk begitu lihai dan penuh dengan kreativitas ketika mengolah si kulit bundar saat pertandingan.  (mtv/red/arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.