Kamis, 18 April 24

Ingin Mencoba Kuliner Khas di Turki, Simak Dahulu Rekomendasi Berikut

Ingin Mencoba Kuliner Khas di Turki, Simak Dahulu Rekomendasi Berikut
* Ilustrasi kebab. (Foto: Sutanto/obsessionnews)

Obsessionnews.com – Saat ke Turki, Anda jangan hanya mengeksplorasi tempat-tempat wisatanya saja. Anda juga wajib mencoba wisata kuliner di negara ini dengan berbagai pilihan makanan yang lezat dan menggugah selera. Negara satu ini cukup terkenal dengan berbagai makanannya yang khas dan nikmat.

Namun sebelum berangkat ke Turki, pastikan anda memilih maskapai terbaik untuk perjalanan menyenangkan. Anda bisa menggunakan Turkish Airlines sebagai maskapai terbaik untuk berangkat ke Turki.

Rekomendasi Wisata Kuliner di Turki

Selama di Turki, ini saatnya anda memanjakan lidah dengan berbagai pilihan kuliner nikmat di sana. Berikut beberapa rekomendasinya.

1. Kebab

Kebab adalah makanan asli Turki yang kini juga sangat mudah anda temukan di Indonesia. Namun jika makan kebab di Indonesia tentu sudah biasa, maka dari itu saat ke Turki Anda harus mencoba kebab asli di sana.

Kebab asli Turki menjadi makanan yang cukup menyehatkan, karena tidak memakai saus dan mayones sebagai bumbunya. Isi kebab asli yang ada di Turki adalah irisan daging kambing atau domba dan sapi yang sudah dibumbui dan dipanggang terlebih dahulu.

Setelah itu ditambah juga dengan isian kebab berupa sayuran yang terdiri dari irisan tomat, jamur, bombay, selada dan juga saus sambal lalu digulung dalam roti pita. Isian daging yang banyak serta sayuran, tentu saja sangat lezat untuk dinikmati sebagai makanan pengganjal perut.

2. Manti

Manti merupakan makanan yang sangat mirip pangsit yang ada di Cina atau banyak disebut juga sebagai ravioli versi Turki. Yang berbeda adalah pada Manti dibuat dari cincangan daging sapi atau domba, yang menggunakan bumbu khas Turki yang sudah pasti kaya akan rempah-rempah.

Manti ini bisa dimakan dengan dua cara yaitu direbus dan juga digoreng. Anda jangan menyia-nyiakan kesempatan untuk mencoba dua versi cara makan Manti tersebut. Makanan ini juga hidangkan dengan disiram saus dari bahan yoghurt dan mentega cair lalu bagian atasnya ditaburi bubuk cabe.

3. Hummus

Hummus umumnya adalah makanan pembuka yang paling khas dari Turki. Makanan ini cocok sekali disandingkan dengan roti pita. Hummus adalah kudapan Turki yang dibuat dari olahan kacang arab, lada, garam, air lemon dan juga olive oil.

Cara penyajian humus adalah disajikan sebagai saus lalu di buat untuk cocolan roti pita. Makanan ini memang cukup unik dan wajib Anda coba, selama di Turki.

4. Borek

Dari namanya saja makanan Turki ini sudah cukup membuat penasaran. Borek disajikan dengan isian berupa keju, sayuran bayam atau kentang serta daging cincang. Borek bisa Anda nikmati dengan dipanggang atau direbus terlebih dahulu lalu di hidangkan dengan taburan wijen hitam.

Makanan lezat ini merupakan jenis makanan pembuka yang sangat cocok untuk dinikmati. Borek juga merupakan makanan yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

5. Lokum

Disebut juga dengan Turkish Delight adalah makanan ringan yang pembuatannya memakai tepung kelapa dan gula. Biasanya oleh warga Turki, makanan ini dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Lokum rasanya tentu saja manis dan dibuat dengan berbagai variasi rasa seperti kayu manis, kacang, mint, lemon dan mawar yang disajikan dengan sangat cantik karena berwarna-warni.

Lokum ini menjadi salah satu oleh keluarga yang wajib Anda pilih, apalagi bagi yang bingung ingin membawa makanan apa saat pulang.

6. Dondurma

Dondurma adalah sebuah kudapan yang teksturnya mirip es krim tapi lebih lengket dan rasanya manis. Anda bisa menemukan dondurma di mana saja mulai dari food truck hingga kios es yang ada di sepanjang pinggir jalan Turki.

Karena merupakan makanan street food, maka dari itu anda tidak perlu heran jika makanan ini harganya juga terjangkau.

7. Dolma

Dolma merupakan sebuah kuliner yang jika di Indonesia penampilannya cukup mirip lemper. Bedanya, Dolma ini adalah bisa dimakan sampai ke bagian bungkusnya. Dolma umumnya disajikan sebagai makanan sarapan dan juga menjadi menu yang paling banyak dihidangkan ketika lebaran.

Makanan ini merupakan jenis masakan tradisional yang dibuat dengan isian berupa nasi, daging cincang serta sayuran seperti terong, paprika, tomat dan lalu dibungkus dengan menggunakan daun anggur.

Setelah makanan selesai dikukus, baru dihidangkan. Anda bisa menemukan makanan 25 ini dengan harga yang cukup murah di sepanjang jalanan Istiklal di Istanbul.

8. Baklava

Rekomendasi kuliner khas Turki yang wajib Anda coba adalah roti manis bernama Baklava. Roti ini memiliki isian berupa kacang yang biasanya dihidangkan bersama madu ataupun minuman sirup.

Jika dilihat memang, penampilan Baklava sekilas mirip dengan bolen pisang. Kudapan ringan ini cukup direkomendasikan untuk Anda yang suka makanan manis. Anda bisa menemukan penjaja makanan Baklava di jalanan Istanbul.

Kini tentu Anda sudah menemukan banyak rekomendasi kuliner terbaik di Turki. Saat berkunjung ke Turki apalagi punya waktu yang cukup, jangan ragu untuk mencoba satu persatu daftar rekomendasi makanan khas Turki di atas. Untuk yang ingin booking tiket pesawat saat ke Turki, Anda bisa memilih Traveloka sebagai situs booking online terbaik untuk berbagai pilihan transportasi.

Traveloka juga sudah bekerja sama dengan berbagai maskapai baik domestik maupun internasional. Ini tentu sangat memudahkan anda untuk terbang ke mana saja dan kapan saja. Kunjungi Traveloka App untuk informasi lebih lengkap.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.