Sabtu, 11 Juli 20

Ingin Ada Transfer Knowledge, LPDB akan Libatkan Analis Kredit Officer Perbankan

Ingin Ada Transfer Knowledge, LPDB akan Libatkan Analis Kredit Officer Perbankan
* Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo (kiri) dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/1/2020). (Foto: Pessy/ON)

Jakarta, Obsessionnews.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) membuka peluang akan melibatkan analis kredit officer dari pihak perbankan guna mengkaji dan menganalisis laporan keuangan koperasi.

“Kita kerja sama dengan lembaga perbankan yang cukup memberikan berpengalaman dalam memberikan penilaian terhadap nasabah,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Braman Setyo (kiri) menyampaikan rencana program strategis 2020. (Foto: Pessy/ON)

Braman mengatakan fokus penyaluran dana bergulir pada tahun ini 100 persen ke koperasi. Hal ini sejalan dengan strategi pengembangan KUKM di bawah arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, yakni melalui pendekatan komunitas atau klaster.

“Memang tidak mudah melakukan pinjaman kepada koperasi khususnya sektor riil, tapi bagaimana pun LPDB harus punya sumber daya manusia yang kompeten,” ujar Braman.

Dengan melibatkan perbankan sebagai analis kredit officer, Braman berharap terjadi transfer knowledge. Sebab dia mengakui selama ini analis kredit officer yang di LPDB lebih banyak berpengalaman di sektor simpan pinjam.

“Selama ini analis kredit officer kita hanya seputar simpan pinjam, tapi kalau sektor riil belum begitu tau,” ungkap Braman.

Pada tahun 2020, LPDB menargetkan penyaluran dana bergulir sebesar Rp 1,85 triliun. Terdiri dari 70 persen untuk koperasi sektor riil (produktif), dan 30 persen ke koperasi simpan pinjam (KSP). (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.