Minggu, 28 November 21

Inggris Hengkang, AS Tetap Bicarakan TTIP dengan Eropa

Inggris Hengkang, AS Tetap Bicarakan TTIP dengan Eropa

New York – Negosiator senior perdagangan Amerika mengatakan, perundingan terkait Kemitraan Perdagangan dan Investasi Trans-Atlantik (TTIP) dengan Uni Eropa akan tetap berlanjut meskipun rakyat Inggris memilih keluar dari organisasi tersebut.

“Pentingnya perdagangan dan investasi dalam hubungan kita dengan Uni Eropa dan Inggris tidak bisa dibantah. Alasan ekonomi dan strategis untuk TTIP tetap kuat,” kata Perwakilan Dagang AS, Michael Froman seperti dilansir AFP, Jumat (24/6/2016).

“Kami sedang mengevaluasi dampak keputusan Inggris bagi TTIP dan berharap untuk melanjutkan keterlibatan kami dengan Uni Eropa dan hubungan kami dengan Inggris,” tambahnya.

Presiden Barack Obama dalam kunjungannya ke London pada April lalu, memperingatkan dampak negatif jangka panjang jika Inggris memilih keluar dari Uni Eropa.

AS, kata Obama, tidak akan memprioritaskan Inggris dalam hubungan perdagangan jika memilih keluar dari Uni Eropa.

Rakyat Inggris telah memilih meninggalkan Uni Eropa dalam sebuah referendum pada hari Kamis. Dengan begitu, Inggris secara langsung tidak akan berpartisipasi dalam TTIP.

Negosiasi tentang pakta ambisius, yang akan membangun perdagangan bebas dan investasi terbesar di dunia, telah berlangsung selama tiga tahun dan kedua pihak berharap untuk menyelesaikan masalah yang tersisa pada akhir tahun ini.

Putaran berikutnya perundingan direncanakan digelar pada Juli 2016. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.