Sabtu, 28 Mei 22

Inflasi Akhir Juli 2016 Aman Terkendali

Inflasi Akhir Juli 2016 Aman Terkendali

Jakarta, Obsessionnews.com – Inflasi Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2016 atau periode Idul Fitri tahun ini cukup terkendali, bahkan lebih rendah dari periode Idul Fitri empat tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara. Ia menyampaikan IHK pada Juli 2016 tercatat sebesar 0,69 persen.

“Inflasi IHK pada periode Idul Fitri tahun ini cukup terkendali dan lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi periode Idul Fitri dalam empat tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah serta koordinasi yang kuat antara Pemerintah dan Bank Indonesia dalam menghadapi Idul Fitri,” ungkapnya di Jakarta, Senin (1/8/2016).

Inflasi IHK secara year to date (ytd) dan tahunan (yoy) masing-masing mencapai 1,76 persen (ytd) dan 3,21 persen (yoy). Terkendalinya inflasi Idul Fitri tersebut, karena dari inflasi komponen volatile foods (VF) yang terjaga dan inflasi komponen inti yang rendah.

Inflasi komponen VF, BI mencatat sebesar 1,20 persen (mtm) atau 7,14 persen (yoy), lebih rendah dari rata-rata inflasi VF pada periode Idul Fitri dalam empat tahun terakhir. Inflasi komponen ini terutama bersumber dari peningkatan harga komoditas bawang merah, daging ayam ras, kentang, ikan segar, beras, cabai merah dan daging sapi, seiring dengan meningkatnya permintaan saat Idul Fitri. (@aprilia_rahapitt)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.