Rabu, 24 April 24

Industri Kendaraan, Jepang Tambah Investasi di Tanah Air

Industri Kendaraan, Jepang Tambah Investasi di Tanah Air
* Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sehubungan rencana investasi beberapa perusahaan Jepang di tanah air, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada 13 – 16 Oktober 2016. Pertemuan ini dilakukan secara bilateral dengan perwakilan pemerintah serta pelaku usaha Jepang.

“Kami akan bertemu dengan Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri (Ministry of Economic, Trade, and Industry/METI) Jepang, Ketua Liga Parlemen Indonesia-Jepang, serta para pelaku industri Jepang. Intinya membahas mengenai pengembangan industri kedua negara ke depannya,” kata Airlangga, Rabu (12/10/2016) malam.

Didampingi Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan. Menperin menjelaskan kunjungan ini guna mendapatkan informasi dan gambaran langsung perkembangan teknologi, dan investasi di sektor industri  Jepang, seperti di sektor otomotif.

“Rencananya kami mengunjungi fasilitas research and development Daihatsu, karena mereka berkomitmen akan meningkatkan pengembangan industri kendaraan di Indonesia, dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk pasar ekspor,” tuturnya.

Tak hanya itu, Airlangga juga akan mengadakan pertemuan dengan Kansai Economic Federation (Kankeiren) dan Osaka Steel.

“Kami akan membuka peluang kerja sama di bidang teknologi dan investasi, khususnya industri komponen otomotif, baja, dan elektronika,” sebutnya.

Pertemuan ini akan dilakukan secara one-on-one meeting, di antaranya dari Nippon Steel Sumitomo Metal Corporation, Mitsubishi Motor Corporation, Mitsubishi Material Corporation, Asahi Glass Corporation, Sango Corporation, dan Shoji Corporation.

“Pertemuan tersebut terkait dengan rencana investasi mereka di Indonesia,” ujar Airlangga.

Untuk diketahui, sejak tahun 2010 Jepang merupakan negara sumber utama investasi asing di Indonesia.  Dengan nilai total investasi mencapai USD 16 miliar, investasi ini cakup di sektor industri otomotif, logam, mesin dan elektronika.

Pada tahun 2015, realisasi investasi Jepang di Indonesia mencapai USD 2,87 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan total 2.030 proyek, realisasi investasi tersebut menyerap tenaga kerja sebanyak 115.400 orang. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.